Thursday, August 26, 2021

Siapakah yang Disebut Guru?

Gu Ru

Istilah guru tidaklah asing bagi kita. Guru mengajari kita hal-hal baru dan mengenalkan ilmu dan pengetahuan. Guru adalah suatu tugas yang mulia karena dia memiliki kemampuan untuk mengubah dan mewarnai perjalanan kehidupan manusia. 

Kalau kita ingat kembali ketika ketika masih duduk di kelas 1 SD, gurulah yang pertama kali membantu memegang pensil untuk menulis, ia memegang satu persatu tangan anak didiknya dan membantu menulis yang benar. Guru pula yang mendorong peserta didik berani berbuat benar, dan membiasakan sikap tanggung jawab pada setiap perbuatan. Guru juga berlaku seperti pembantu ketika ada peserta didik yang buang air kecil atau muntah di dalam kelas, bahkan ketika ada yang buang air besar di celana. Guru-lah yang menggendong peserta didik ketika jatuh atau berkelahi dengan temannya, menjadi perawat, dan lain-lain yang sangat membutuhkan kesabaran, kreativitas, dan profesionalisme.

Ada enam jenis guru dalam bahasa Sanskerta. Mulai dari guru yang sekadar memberikan informasi hingga guru yang betul-betul guru. Berikut 6 jenis guru yang perlu kita ketahui.
  1. Guru yang memberikan informasi saja (informan) : Adhypak.
  2. Seseorang yang mentransfer pengetahuan dan keahlian tertentu : Upadhyaya.
  3. Seseorang yang mengajarkan keahlian tertentu : Acharya.
  4. Seseorang yang memiliki wawasan yang mendalam pada bidang keilmuan tertentu : Pandit.
  5. Seseorang yang bisa memiliki pandangan visioner dan mampu mengajarkan kita berpikir dan melakukan sesuatu : Dhrishta.
  6. Seseorang yang bijaksana dan membawa pencerahan : Guru

Mengutip Naway dalam bukunya yang berjudul Sang Guru, guru terdiri dari dua suku kata, yaitu Gu yang berarti penghancur dan Ru yang artinya kegelapan. Dari asal mula namanya ini, maka guru adalah mereka yang mampu mengarahkan setiap orang agar berada dalam ruang yang terang benderang, minimal guru mampu membawa manusia lainnya berada di ruang masa depan yang cerah, tidak berada di ruang yang gelap dan remang-remang. 

Jika Anda seorang "Guru", Anda termasuk yang mana?

Baca juga Tak Sembarang Orang Bisa Jadi Guru di guruberto.com

1 comments so far

Keren pak guru, mantap sukses terus ke depannya


EmoticonEmoticon