Thursday, June 17, 2021

Download Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Essay


Analisis butir soal adalah pengujian terhadap kualitas atau mutu soal sehingga diperoleh informasi tentang karakteristik soal tersebut. Analisis butir soal dibedakan menjadi dua yaitu analisis butir soal secara kualitatif dan analisis butir soal secara kuantitatif.

Pada dasarnya analisis butir soal secara kualitatif dilaksanakan berdasarkan kaidah penulisan soal. Aspek yang diperhatikan dalam penelaahan secara kualitatif meliputi aspek materi, konstruksi, bahasa/budaya, dan kunci jawaban atau pedoman pesnkorannya.

Adapun analisis butir soal secara kuantitatif adalah pengujian terhadap soal dengan cara menganalisa empirik hasil tes. Ada dua pendekatan dalam analisis secara kuantitatif, yaitu pendekatan secara klasik dan modern. Selanjutnya pada postingan kali difokuskan pada analisis butir soal dngan menggunakan pendekatan klasik.

Analisis butir soal secara klasik adalah proses penelaahan butir soal melalui informasi dari jawaban peserta didik yang bertujuan untuk meningkatkan mutu butir soal yang bersangkutan dengan menggunakan teori tes klasik. 

Aspek yang perlu diperhatikan dalam analisis butir soal secara klasik adalah setiap butir ditelaah dari segi tingkat kemudahan butir, daya pembeda butir, dan penyebaran pilihan jawaban (untuk soal pilihan ganda) atau frekuensi jawaban pada setiap pilihan jawaban.

Sebagai seorang guru, menganalisis soal penilaian harian, soal penilaian akhir semester maupun asesmen lainnya merupakan satu kebutuhan agar kita mengetahui apakah soal-soal itu valid atau tidak sehingga dapat dipakai lagi atau tidak. Oleh karena itu, Bapak, Ibu Guru membutuhkan aplikasi yang tepat agar hasilnya anlisisnya baik. Bapak, Ibu bisa mengunduhnya di akhir postingan ini. 

Untuk membantu Bapak, Ibu melakukan kegiatan analisis butir soal, berikut Guruberto.com bagikan aplikasi analisis butir soal berbentuk pilihan ganda dan uraian (aplikasi dapat disesuaikan dengan jumlah butir soal).
  1. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda (DOWNLOAD)
  2. Anasilis Butis Soal Uraian (DOWNLOAD)


EmoticonEmoticon