Tuesday, August 24, 2021

Penyakit pada Sistem Pernapasan

Penyakit pada Sistem Pernapasan

Halo, adik-adik kelas 5 SD, pada postingan kali ini Guru Berto akan menjelaskan tentang penyakit pada sistem pernapasan manusia. Khususnya pada penyakit sistem pernapasan, virus yang menginfeksi sistem pernapasan yang menyebabkan gangguan ringan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Penyakit pernapasan juga ditemui pada unggas, hewan mamalia, manusia. Selain itu, penyumbatan kantung udara di paru-paru dan penyumbatan saluran pernapasan karena alergi.

Penyakit pada Sistem Pernapasan Manusia
Berikut ini beberapa penyakit yang menyebabkan ganguan pernapasan : influenza, asma, bronkitis, emfisema, kanker paru-paru, dan tuberkulosis.
1. Tuberkulosis
Penyakit tuberkulosis dikenal juga dengan sebutan TB atau TBC. Tuberkulosis (TB) adalah penyakit infeksi pada disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Tuberkulosis merupakan asalah satu penyakit menular yang masuk ke dalam tubuh melalui udara pernapasan ke dalam paru-paru. Tuberkulosis merupakan salah satu dari sepuluh penyakit yang menyebabkan angka kematian terbesar di dunia.

2. Influenza
Influenza atau flu merupakan penyakit yang paling dikenal oleh hampir semua orang di dunia. Penyebabnya adalah Influenza virus seperti virus myxovirus. Penyakit ini mudah menular. Cara penularannya bisa melalui bersin, batuk, dan bercakap-cakap dengan penderita.

3. Virus Corona
Virus Corona atau disebut juga Coronavirus merupakan kumpulan virus yang menyerang sistem pernapasan menyebabkan gangguan ringan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Infeksi virus Corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pertama kali muncul di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019.

Adapun cara pencegahana agar terhindar infeksi dari virus Corona adalah menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, menggunakan masker, rutin mencuci tangan, dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat.

4. Asma
Asma merupakan penyakit penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan masuknya zat pemicu alergi (alergen) dalam tubuh, seperti asap rokok, debu, bulu hewan peliharaan, dan lain-lain.

5. Bronkitis
Brokitits merupakan istilah untuk infeksi yang menyerang saluran pernapasan pernapasan bawah yaitu bronkus. Penyakit ini mengakibatkan peradangan yang kemudian menimbulkan gejala yang menganggu pernapasan.

6. Emfisema
Emfisema merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan pembesaran alveolus (kantong udara di paru-paru). Emfisema menghambat aliran udara pernapasan karena alveoli yang ukurannya membesar tidak bisa melakukan pertukaran gas dengan baik pada proses pernapasan.

7. Kanker paru-paru
Kanker paru-paru disebabkan pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali pada jaringan dalam paru-paru. Kanker paru-paru lebih banyak diderita oleh orang yang memiliki kebiasaan merokok. Sedangkan kanker paru-paru pada orang yang tidak merokok dapat terjadi karena faktor keturunan dan/atau faktor lingkungan, misalnya menghirup debu asbes dan udara yang tercemar, termasuk akibat menjadi perokok pasif.

8. Pneumonia
Pneumonia merupakan infeksi pada bronkiolus (cabang-cabang kecil dari bronkus) dan alveolus (kantong udara di paru-paru). Penyebab terjadinya pneumonia, antara lain karena infeksi dari virus, bakteri, jamur, dan parasait lainnya. 

Pertanyaan
Susunlah huruf-huruf di kotak yang berwarna ungu menjadi kata yang tepat sesuai dengan pernyataan di sampingnya!

Pembahasan:
1 Penyakit yang dsebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberkulosis. Jawaban: TBC.
2 Virus yang menyerang sistem pernapasan menyebabkan gangguan ringan infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Jawaban: Virus Corona.
3 Penyakit pada sistem pernapasan yang juga menyerang unggas, mamalia dan manusia. Jawab: Influenza.
4 Pembesaran kantung udara di paru-paru. Jawaban: Emfisema.
5 Penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi. Jawaban: Asma.

Demikian pembahasan mengenai Penyakit pada Sistem Pernapasan. Tetap jaga kesehatan agar terhindar dari COVID-19. Semoga bermanfaat. 


EmoticonEmoticon