Thursday, June 17, 2021

Di Balik Kesuksesan Seorang Murid, Ada Guru yang Luar Biasa Hebat


Mantan Mendikbud Anies Baswedan pernah mengatakan: bila kita melihat alumni dari sebuah sekolah menjadi orang yang sukses dan hebat, hal ini tidak terlepas dari peran guru yang luar biasa hebat. Itu sebabnya di balik siswa yang hebat terdapat guru hebat juga.

45 hingga 50 persen kesuksesan peserta didik bergantung pada peran guru. Ini membuktikan bahwa guru sangat berperan dalam kesuksesan peserta didik. Berikut adalah alasan kenapa guru sebagai penentu keberhasilan anak.

Guru sang motivator
Kompetensi keguruan yang dimiliki guru dalam menyampaikan nilai-nilai kebajikan kepada peserta didik sangat memungkinkan untuk berperan seperti menjadi orang tua kedua bagi peserta didik dan berperan sebagai motivator. 

Peran guru sebagai motivator akaan menolong setiap peserta didik yang sedang bermasalah dan jika memungkinkan dapat memberikan solusi sehingga mereka dapat keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Pentingnya peran guru sebagai motivator karena jika murid tidak bisa melakukan hal dengan baik karena dukungan seorang guru murid tersebut bisa memiliki minat untuk menjadi lebih baik lagi. Setiap motivasi atau dukungan yang diberikan guru mempengaruhi keberhasilan murid.

Guru sebagai orang tua kedua
Menekuni profesi guru dituntut untuk memiliki kompetensi keguruan. Memilih menjadi seorang guru tidak hanya berarti mengajarkan tentang materi pelajaran tetapi juga mengajarkan segala aspek, maka dari itu guru sering disebut sebagai orang tua kedua setelah orang tua yang ada di rumah.

Membimbing sepenuh hati
Guru membimbing muridnya dengan penuh kasih sayang ibarat seperti anaknya sendiri. Jika murid tersebut sukses maka tidak lain guru akan merasakan bangga terhadapnya namun jika peserta didik gagal maka guru pula merasakan gagal dalam mengajar dan mendidiknya.

Guru sebagai penasehat
Guru sebagai penasehat meskipun bukan utama keahlian seorang guru namun guru yang suka menasehati merupakan guru yang sangat peduli dengan peserta didiknya. Hal ini dikarenakan guru ingin anak-anaknya dapat tercapai cita-citanya.

Di balik kesuksesan seorang murid, ada guru yang berjasa. Profesi dokter, kyai, polisi, tentara, presiden pun dibalik kesuksesan tersebut akar dari semuanya adalah jasa seorang guru.

Jadi sudah sepatutnya kita semua jangan  pernah melupakan guru-guru yang telah berjasa terhadap apa yang sekarang kita peroleh. 


EmoticonEmoticon