Friday, August 20, 2021

Kunci Jawaban IPA SMP Kelas 7 Halaman 129, 130, 131 Uji Kompetensi Bab 3 Klasifikasi Materi dan Perubahannya

Tags

 
Uji Kompetensi Bab 3 Klasifikasi Materi dan Perubahannya

Hai, adik-adik yang sedang belajar IPA, berikut pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 7 sesuai kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Pada artikel ini Guru Berto akan menyajikan pembahasan Bab 2 tentang Klasifikasi Materi dan Perubahannya pada halaman 129,130,131 yang terdiri dari 10 pertanyaan.

Dengan adanya kunci jawaban ini diharapkan dapat menjadi panduan dan referensi adik-adik serta dapat mengoreksi jawaban dalam mengerjakan soal pada Buku IPA Terpadu Bab 1 Kelas 7.

Dilansir dari Buku IPA Terpadu Kurikulum 2013 untuk Siswa SMP Kelas VII, berikut kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 129,130,131 sebagai berikut :

1. Golongkanlah zat-zat di bawah ini dengan memberi tanda centang pada kolom yang tersedia.
Jawaban: 

2. Di rumahmu ditemukan berbagai jenis larutan. Contohnya sirop, cuka dapur, sabun cair, dan sampo. Bagaimana kamu dapat menentukan larutan tersebut masukke dalam larutan asam atau basa?
Jawaban: Cara untuk menentukan larutan seperti sirop,cuka dapur, sabuncair, dan sampo termasuk laruptan asam dan basa yaitu dengan menggunakan indikator. Indikator yang bisa digunakan yaitu indikator alami atau indikator buatan.

Berikut ini contoh indikator alami yaitu kunyit, bungan sepatu, dan kubis merah sedangkan indikator buatan yaitu kertas laksmus merah dan lakmus biru. Misal, kita menggunakan indikator buatan yaitu lakmus merah atau lakmus biru.

Apabila lakmus merah dicelupkan ke dalam suatu larutan dan berubah warna menjadi biru  berarti larutan tersebut adalah larutan basa. Dan apabila lakmus merah tidak berubah warna berarti menunjukkan larutan asam.

Sementara itu, bila lakmus biru dicelupkan ke dalam suatu larutan dan berubah warna menjadi merah berarti larutan tersebut adalah larutan asam. Dan apabila lakmus biru tidak berubah warna berarti larutan menunjukkan larutan basa.

3. Lakukan identifikasi lima jenis campuran yang sering dijumpai dilingkungan sekitarmu. Jelaskan contoh unsur-unsur penyusun campuran tersebut dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari atau dalam kegiatan industri.
Jawaban: Campuran didefenisikan sebagai materi yang terdiri atas dua zat atau lebih yang masih mempunyai sifat zat asalnya. Campuran dikelompokkan menjadi dua, yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

Berikut ini contoh campuran yang sering dijumpai di lingkungan sekitar antara lain :
1. Larutan garam termasuk campuran homogen. 
Penyusunnya : air dan garam. 
Kegunaannya : perasa makanan dan minuman dalam masakan ataupun produk-produk industri.

2. Larutan gula termasuk campuran homogen
Penyusunnya :  air dan gula
Kegunaannya : bahan pemanis pada makanan dan minuman dalam masakan sehari-hari atau untuk membuat produk-produkindustri.

3. Cuka dapur termasuk campuran homogen
Penyusunnya :  air dan asama asetat
Kegunaannya : sebagai penyedap rasa pada makanan 

4. elpiji atau gas minyak cair  termasuk campuran homogen
Penyusunnya: gas butana dan propana
Kegunaan :digunakan untuk memasak dan pengelasan. 

5. Tinta termasuk campuran homogen
Penyusunnya : pewarna, minyak, dan pelarut
Kegunaan : sebagai bahan cair untuk menulis.

4. Jelaskanlah proses pempisahan campuran dengan metode penyaringan, sentrifugasi, sublimasi, kromatografi, dan distiliasi.
Jawaban:
  • Penyaringan adalah metode pemisahan campuran yang digunakan untuk memisahkan cairan dengan padatan yang tidak larut berdasarkan pada perbedaan ukuran partikel zat.
  • Sentrifugasi adalah metode pemisahan campuran dengan memutar tabung reaksi berisi campuran dengan alat sentrifugasi sehingga timbul gaya yang menyebabkan padatan menjadi terpisah.
  • Sublimasi merupakan metode pemisahan dengan salah satu campuran bisa menyublim (padat ke gas).
  • Kromatografi adalah metode pemisahan dengan kertas khusus untuk mengetahui zat atau senyawa yang dikandung.
  • Distilasi adalah metode pemisahan cairan berdasarkan titik didih danyang mendidih dahulu akan menguap terlebih dulu.
5. Sebutkan metode pemisahan komponen dari bahan berikut.
a. Air murni dari air laut
Jawaban: metode pemisahan air murni dari airlaut yaitu distilasi

b. Garam dari campuran garam dan pasir
Jawaban: metode pemisahan garam dari campuran garam dan pasir yaitu dengan penyaringan (filtrasi), pelarutan, atau dengan rekristalisasi.

c. minyak kelapa dari santan
Jawaban: metode pemisahan minyak kelapa dari santan yaitu dengan ekstraksi.

6. Buatlah daftar aplikasi (percobaan) dari metode pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kegiatan industri. Kamu dapat mencatatnya pada Tabel 3.11 berikut.
Jawaban: 

7. Mengapa suatu campuran tidak murni dapat dipisahkan dengan cara fisika, tetapi tidak dapat dipisahkan dengan cara kimia? Jelaskan.
Jawaban: Karena campuran tidak murni dapat terbentuk tanpa melalui reaksi kimia dan tidak ada ketentuan perbandingannya harus tetap.

Selain itu, zat penyusun pada campuran tidak murni dapat dipisahkan berdasarkan sifat fisiknya seperti perbedaan titik didih, ukuran partikel, maupun kecepatan rambat tanpa perlu reaksi kimia.

8. Air adalah senyawa murni, sedangkan susu stroberi cair yang terdapat dalam kemasan merupakan campuran antara air, gula, susu, dan penambah rasa stroberi.
a. Buatlah daftar tentang persamaan dan perbedaan sifat di antara air dan susu stroberi tersebut.
Jawaban: Persamaan air dan susu stroberi adalah berbentuk cairan dan bisa diminum. Semntara itu, perbedaan air dan susu stroberi adalah
  • air termasuk senyawa, susu termasuk campuran
  • air tidak berwarna, susu stroberi berwarna keruh dan merah muda
  • air tidak berbau, susu stroberi memiliki bau yang khas
  • air tidak memiliki aroma dan rasa, susu stroberi memiliki aroma stroberi dan rasa manis
  • air tidak dapat membusuk, susu stroberi bisa membusuk dan basi
  • titik didih air lebih rendah daripada titik didih susu stroberi
b. Jelaskan metode pemisahan yang sesuai untuk memisahkan zat-zat penyusun susu stroberi.
Jawaban: susu stroberi merupakan campuran antara air, gula, susu, dan penambah rasa stroberi. Metode pemisahan yang sesuai yaitu penyulingan (distilasi) dengan cara memisahkan penyusun-penyusunnya berdasarkan perbedaan titik didih.

9. Jelaskan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia suatu zat. Tetapi sebelumnya isilah tabel 3.12 di bawah ini. 
Jawaban: Perubahan fisika adalah perubahan zat yang tidak disertai dengan terbentuknya zat baru. Sementara itu, perubahan kimia adalah perubahan zat yang dapat menghasilkan atau membentuk zat baru dengan sifat kimia yang berbeda dengan zat asalnya. 

10. Kelompokkan peristiwa di bawah ini ke dalam tabel menjadi kelompok perubahan fisika atau kimia.
A. Kayu dibuat menjadi meja dan kursi
B. Batu dipotong menjadi kerikil
C. Nasi menjadi basi
D. Kapur barus menyublim
E. Aluminium menjadi sendok garpu
F. Singkong difermentasi menjadi tapai
G. Kertas dibakar menjadi abu
H. Lilin meleleh ketika dipanaskan
I. Pembakaran kembang api
Jawaban: 

Demikianlah pembahasan kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 129,130, 131 Uji Kompetensi Bab 3 tentang Klasifikasi Materi dan Perubahannya.Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon