Thursday, August 19, 2021

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Uji Kompetensi Bab 2 Halaman 89, 90 Klasifikasi Mahluk Hidup

Tags

Uji Kompetensi Bab 2 Klasifikasi Mahluk Hidup

Hai, adik-adik yang sedang belajar IPA, berikut pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 7 sesuai kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Pada artikel ini Guru Berto akan menyajikan pembahasan Bab 2 tentang Klasifikasi Mahluk Hidup pada halaman 89, 90 yang terdiri dari lima pertanyaan.

Dengan adanya kunci jawaban ini diharapkan dapat menjadi panduan dan referensi adik-adik serta dapat mengoreksi jawaban dalam mengerjakan soal pada Buku IPA Terpadu Bab 1 Kelas 7.

Dilansir dari Buku IPA Terpadu Kurikulum 2013 untuk Siswa SMP Kelas VII, berikut kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 89 dan 90 sebagai berikut

1. Mengapa hewan ikan, sapi, katak, ayam, ular dimasukkan ke dalam filum yang sama, tetapi tingkatan spesiesnya tidak sama?
Jawaban: Filum merupakan taksion yang berada di bawaha Kingdom. Filum digunakan untuk takson hewan. Semua hewan tersebut memiliki ciri utama, yaitu memiliki tulang belakang dan dikelompokkan ke dalam filum chordata, sub filum vertebrata (Chordata  berasal dari bahasa Yunani yang berarti tali. Chordata berarti hewan yang mempunyai tali saraf dibagian punggung).

Hanya saja secara khusus memiliki perbedaan yang memisahkan mereka. Hewan-hewan tersebut tidak dapat saling kawin, misalnya ikan tidak dapat kawin dengan sapi, dan seterusnya. Hal ini membedakan mereka sehingga tidak dapat dikelompokkan ke dalam satu spesies (jenis). 

2. Mengapa sungai mengandung siput air dan cacing Planaria menunjukkan bahwa sungai tersebut belum mengalami pencemaran? Termasuk kelompok apakah kedua hewan ini tersebut?
Jaawaban: Siput air dan cacing Planaria, kedua hewan ini sangat sensitif terhadap perubahan kondisi perairan. Bahan pencemar atau polutan yang terdapat dalam air akan mematikan hewan-hewan tersbut. Sehingga hewan-hewan ini dijadikan sebagai indikator pencemaran secara  biologi atau parameter biologi (bioindikator).

Siput air termasuk film Mollusca (hewan bertubuh lunak) sedangkan cacing Planaria termasuk filum Platyhelminthes (cacing pipih). 

3. Perhatikan gambar berikut. 

Berdasarkan ciri-ciri apakah hewan-hewan tersebut dimasukkan ke dalam serangga? Coba jelaskan.
Jawaban: Berikut ini ciri umum serangga 
  • tubuhnya beruas-ruas dan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu kepala, dada, dan perut
  • memiliki tiga pasang kaki yang pangkalnya menyatu
  • memiliki sepasang antena serta mata majemuk
Dari kelima hewan tersebut, hewan yang termasuk kelas serangga adalah belalang, kupu-kupu,  dan capung.

4. Perhatikan gambar berikut.

Cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut. Kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut.
Jawaban: Persamaan : memiliki tulang belakang, habitat atau tempat hidupnya di air, dan memiliki alat gerak berupa sirip.

Perbedaan:
  • Paus dan lumba-lumba termasuk kelompok mamalia seperti berdarah panas, melahirkan dan menyusui, bernapas dengan paru-paru.
  • Hiu dan pari termasuk kelompok pisces seperti berdarah dingin, berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak, dan bernapas dengan insang. 
5. Ida menemukan tumbuhan yang memiliki ciri-ciri tulang daunnya sejajar, berbentuk seperti pohon kelapa, batangnya tidak bercabang, terdapat bangun seperti kerucut. Tumbuhan apakah yang ditemukan Ida? Berikan contoh tumbuhan lainnya yang sekelompok dengan tumbuhan yang ditemukan Ida.
Jawaban: Berdasarkan ciri-ciri di atas, maka dapat disimpulkan tumbuhan ditemukan Ida termasuk famili Arecaceae atau sering disebut tumbuhan palem.

Contoh tumbuhan lain yang sekelompok (famili Arecaceae atau tumbuhan palem) dengan tumbuhan yang ditemukan Ida  adalah kelapa, aren, lontar, dan pinang. 


Demikianlah pembahasan kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 89, 90 Uji Kompetensi Bab 2 tentang Klasifikasi Mahluk Hidup.Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon