Thursday, July 1, 2021

Cara Penulisan Gelar Ijazah saat Daftar CPNS, PPPK NonGuru, dan PPPK Guru Tahun 2021 di Laman SSCASN

Gelar Ijazah saat Daftar CASN

Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 telah memasuki hari ke-2. Hingga saat ini, masih banyak pertanyaan yang masuk seputar proses pendaftaran yang dilakukan secara online di laman SSCASN. 

Adapun di antaranya, pelamar seleksi CPNS, PPPK NonGuru, dan PPPK Guru tahun 2021 diminta untuk mengisi kolom gelar depan dan belakang ijazah. Merujuk pada Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Tahun 2021, di bagian 1. Pengisian Biodata, pelamar diminta untuk melengkapi kolom Gelar Depan Ijazah dan Gelar Belakang Ijazah Bagi pelamar yang tidak memiliki gelar depan dan gelar belakang, isi dengan tanda strip (-). 

Apa itu gelar depan dan apa itu gelar belakang  ijazah karena pada Pengisian Biodata memang tidak diberikan contohnya seperti apa, maka kali ini guruberto.com akan memberikan contohnya.

Contoh Gelar Depan Ijazah:
  • Dr. Berto
  • Dra. Berti
  • Drs. Berto
Contoh Gelar Belakang Ijazah:
  • Berto, S.Pd
  • Berto, A.Md
  • Berto, S.Kom
Pada umumnya bagi lulusan pendidikan akhir-akhir ini khususnya Diploma dan S1 menggunakan gelar belakang.

Gelar ganda bisa saja Bapak, Ibu miliki antara gelar depan dan belakang ijazah. Silahkan Bapak, Ibu lengkapi kolom gelar depan dan belakang ijazah sesuai contoh di atas. Semoga bermanfaat.

2 comments

Klo yg udah serdik perlu di tulis atau tidak ya?

Malam mau tanya bagaimana dengan gelar depan salah tulis, seharusnya gelar depan tidak ada tetapi dimasukan gelar S.Pd


EmoticonEmoticon