Wednesday, August 18, 2021

Update AN 2021 :Jadwal Pelaksanaan, Kriteria Satuan Pendidikan, dan Kriteria Peserta

Tags

Update AN 2021 by @denihadiana

Asesmen Nasional  adalah evaluasi sistem pendidikan untuk mendorong dan memfasilitasi terjadinya perbaikan mutu pembelajaran. Asesemen nasional terdiri dari tiga bagian yaitu  Asesmen Kompetensi Mnimum (AKM), Survei Lingkungan, dan Survei Lingkungan Belajar.

Dilansir dari Persiapan Asesmen Nasional Tahun 2021 yang dipaparkan pada Rapat Koordinasi Asesmen Nasional tanggal 13 Agustus 2021, persiapan dan pelaksanaan Asesmen Nasional 2021 disesuaikan dengan kondisi pandemi di tiap daerah, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ketentuan Satuan Pendidikan
Pada tahun 2021, gladi bersih dan pelaksanaan Asesmen Nasional dilakukan di wilayah yang menurut ketentuan pemerintah di pusat sudah boleh menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas.  Sementara itu, sekolah-sekolah di wilayah-wilayah lainnya akan melaksanakan Asesmen Nasional pada awal tahun 2022.

Ketentuan Peserta Didik
  • Peserta didik peserta Asesmen Nasional (AN) dan cadangannya dipilih secara acak oleh Kemendikbudristek.
  • Peserta didik yang terpilih dapat digantikan oleh peserta cadangan jika (a) sedang tidak sehat/bergejala COVID, (b) memiliki penyakit komorbid, dan/atau (c) tidak dapat melakukan perjalanan sekolah dengan aman.
  • Selain itu peserta didik yang terpilih juga diharapkan (namun tidak diwajibkan) mengikuti gladi bersih Asesmen Nasional.
Jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional per jenjang di tahun 2021
Adapun jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional per jenjang di tahun 2021 untuk sekolah yang berada di wilayah yang menerapkan PTM Terbatas adalah untuk siswa kelas 11 SMK dan Paket C akan digelar dari tanggal 20 s.d. 23 September 2021.

Sementara, kelas 11 SMA akan mengikuti Asesmen Nasional dari tanggal 27 s.d. 30 September 2021. Lalu, untuk kelas 8 SMP dan Paket B dilaksanakan pada tanggal 4 - 7 Oktober 2021.  Untuk jenjang SD dan Paket A dilaksanakan pada tanggal 8 - 11 November 2021 dan 15 - 18 November 2021.

Murid, guru, dan sekolah tidak perlu melakukan persiapan khusus seperti bimbel khusus menghadapi Asesmen Nasional. Meski demikian, murid dan guru perlu membiasakan diri dengan AKM, mengakses contoh soal AKM online, dan butuh tips dan trik mengerjakan soal AKM yang benar. Bapak, Ibu, selamat mempersiapkan Asesmen Nasional (AN) di tempat mengajar. 


EmoticonEmoticon