Monday, July 19, 2021

Apa Artinya Merdeka Belajar Untuk Siswa dan Guru?

Ilustrasi Merdeka Belajar

Mengapa kita perlu memahami arti merdeka belajar? Kata Merdeka Belajar atau dalam bahasa Inggris freedom of learning menjadi booming di kalangan pendidik ketika "Mas Menteri" menggaungkan kata tersebut. Namun demikian guru masih sering keliru akan arti merdeka belajar. Apakah arti merdeka belajar adalah guru dan siswa bebas untuk belajar apa saja sesuka hati atau bagaimana?

Merdeka dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya tidak terikat, tidak bergantung pada orang lain atau pihak tertentu dan leluasa. Sedangakan belajar diartikan berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Jika kedua kata ini digabung bisa diartikan secara harafiah leluasa memperoleh ilmu.  

Apa itu Merdeka Belajar? Mengutip e-book dari Kampus Guru Cikal dan Komunitas Guru Belajar yang berjudul Konsep Merdeka Belajar dikatakan bahwa merdeka belajar adalah belajar yang diatur sendiri oleh pelajar. Pelajar yang menentukan tujuan, cara, dan penilaian belajarnya. Dilihat dari pespektif pengajar, merdeka belajar berarti belajar yang melibatkan murid dalam penentuan tujuan, memberi pilihan cara, dan melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar.

Merdeka Belajar sebenarnya bukanlah hal baru. Ki Hadjar Dewantara menekankan berulang kali tentang kemerdekaan belajar. "...kemerdekaan hendaknya dikenakan terhadap caranya anak-anak berpikir, yaitu jangan selalu "dipelopori", atau disuruh mengakui buah pikiran orang lain, akan tetapi biasakanlah anak-anak mencari sendiri segala pengetahuan dengan menggunakan pikirannya sendiri..." Ki Hadjar Dewantara (buku Peringatan Taman Siswa 30 Tahun, 1922 - 1952). Anak pada dasarnya mampu berpikir untuk "menemukan" suatu pengetahuan.

Apa arti kemerdekaan dalam pernyataan beliau tersebut? Dalam sebuah tulisan di buku Pendidikan, beliau menyatakan "Dalam pendidikan harus senantiasa diingat bahwa kemerdekaan itu bersifat tiga macam: berdiri sendiri, tidak tergantung pada orang lain, dan dapat mengatur diri sendiri".

Berdiri sendiri berarti kemerdekaan belajar mengakui anak sebagai pemilik belajar. Anak memiliki kewenangan dan inisiatif atau arahan diri untuk belajar. Anak belajar tidak harus berhimpun dalam suatu kesatuan seperti kelas atau rombongan belajar.

Tidak bergantung pada orang lain berarti anak belajar tanpa bergantung pada hadir atau tidak hadirnya orang dewasa. Dengan atau tanpa kehadiran guru di kelas atau dengan atau tanpa kehadiran orang tua di rumah, anak-anak tetap belajar.

Dapat mengatur diri sendiri berarti anak mempunyai kemampuan untuk mengelola diri dan kebutuhan belajarnya. Ia dapat memilih cara dan media belajar yang sesuai dengan diri dan kondisi di sekitarnya. Ia dapat mengatur jadwal aktivitasnya untuk mencapai tujuan belajar. 


EmoticonEmoticon