Tuesday, July 20, 2021

Pentingnya Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak

Tags

Orangtua mendampingi anak belajar by SurveyMETER

Orangtua merupakan penanggung jawab utama dalam pendidikan  anak-anaknya. Dimanapun anak tersebut menjalani pendidikan, baik di sekolah, di bimbingan belajar (bimbel), les privat, kursus, atau belajar mandiri orangtua tetap berperan dalam menentukan masa depan pendidikan anak-anaknya. 

Pendidikan di luar keluarga, bukan dalam arti melepaskan tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak, tetapi hal itu dilakukan orangtua semata-mata karena keterbatasan ilmu yang dimiliki oleh orangtua, karena sifat ilmu yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman sementara orangtua memiliki keterbatasan-keterbatasan. Di samping itu juga, karena kesibukan orangtua bekerja mencari nafkah untuk keluarga, ikut mendorong orangtua untuk meminta bantuan pihak lain dalam pendidikan anaknya.

Selama menempuh pendidikan di bangku sekolah, maka kepedulian orangtua terhadap pendidikan anak akan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar anak. Karena bagaimanapun, anak masih membutuhkan bantuan orangtuanya dalam belajar, meskipun dia telah mengikuti pendidikan di sekolah. 

Beberapa hasil penelitian menujukkan bahwa pencapaian pelajar meningkat jika orangtua terlibat aktif dalam pendidikan anak-anak mereka. Salah satunya adalah hasil penelitian dari Harvard Family Research Projects (HFRP) yang menujukkan bahwa keterlibatan orangtua mempunyai kaitan yang erat dengan hasil prestasi anak. Penelitian ini juga secara gamblang mengungkapkan bahwa keberhasilan anak apakah itu berupa nilai, skor tes, atau hasil asesmen yang dilakukan guru membutuhkan dukungan orangtua.

Selain itu, sebuah penelitian yang dimuat di CSU Bakerfield menjelaskan bahwa pelajar kemungkinan besar akan lebih termotivasi untuk mendapatkan nilai sempurna di sekolah, berperilaku lebih baik dan memiliki keterampilan sosial jika orangtuanya secara aktif berperan dan mendukung anaknya di sekolah.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orangtua antara lain:
  • Ikut dalam forum komunikasi orangtua murid di sekolah
  • Mendukung anak di kegiatan ekstrakurikuler dan kunjungan ke lapangan.
  • Memastikan anak memiliki tempat yang nyaman untuk belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah.
  • Membantu anak mengerjakan pekerjaan rumah.
  • Berkomunikasi dengan guru secara intens.
  • Mengobrol dengan anak tentang apa saja kegiatan yang dilakukan di sekolah pada hari itu. 


EmoticonEmoticon