Monday, July 10, 2023

Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel IPA Kelas 7, 8, 9 Kurikulum Merdeka


Dear Bapak, Ibu guru, Kemendikbud Ristek melalui Pusat Kurikulum dan Perbukaan telah menerbitkan buku teks pelajaran Kurikulum Merdeka jenjang SMP kelas VII dan VIII. Pada awalnya buku ini diterbitkan secara terbatas khusus bagi Sekolah Penggerak, tetapi seiring diberlakukannya Kurikulum Merdeka maka buku teks pelajaran Kurikulum Merdeka dapat digunakan oleh sekolah yang menjalankan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Buku teks pelajaran tersebut disusun sesuai dengan capaian pembelajaran (CP) dan dapat dipakai untuk buku teks utama.  Untuk memudahkan akses guru dan peserta didik terhadap buku teks pelajaran maka buku-buku tersebut dirilis dalam bentuk fisik maupun elektronik. Sehingga buku tersbut dapat menjadi acuan bagi sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka.


Untuk mendapatkan buku fisik Kurikulum Merdeka bisa Bapak, Ibu guru dapatkan melalui platform belanja SIPLAH. Adapun sumber pendanaan bagi satuan pendidikan dapat berasal dari BOS Kinerja 2022, BOP Kinerja 2022, Dana Bantuan Pemerintah 2022, atau dana mandiri bagi satuan pendidikan program sekolah penggerak yang tidak menerima dana BOS/BOP Kinerja atau Bantuan Pemerintah. Akan tetapi, Bapak, Ibu guru perlu memperhatikan masa pengadaan buku fisik Kurikulum Merdeka yang ditentukan oleh Kemendikbud Ristek.

Selain itu, Bapak, Ibu guru dapat mengunduh buku teks pelajaran Kurikulum Merdeka pada platform Sistem Informasi Perbukuan Indonesia (SIBI). Di platform SIBI, buku teks pelajaran Kurikulum Merdeka tersedia dalam beberapa format baik Buku PDF maupun Buku Audio. Tak hanya buku teks pelajaran untuk peserta didik tersedia juga buku panduan untuk guru. Buku teks elektronik telah tersedia dengan banyak pilihan mapel yang dapat diunduh gratis. 

Buku teks elektronik Kurikulum Merdeka tersedia untuk mapel Pendidikan Agama Budha, Pendidikan Agama Hidnu, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Agama Konghucu, Pendidikan Agama Kristen, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Informatika, Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME, Matematika, Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, dan Seni Teater.

Nah, Bapak, Ibu guru pengampu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), pada kesempatan ini guruberto.com akan membagikan buku teks pelajaran untuk peserta didik dan buku panduan untuk guru. 




Ayo, Bapak, Ibu guru segera unduh buku panduan guru dan buku teks pelajaran Kurikulum Merdeka melalui SIBI! Selain itu, Bapak, Ibu guru juga dapat mengunduh buku elektronik Kurikulum Merdeka melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). 

Baca juga : 


EmoticonEmoticon