Saturday, August 28, 2021

Contoh Jurnal Penilaian Sikap, Kisi-kisi Tugas, dan Modul PJJ SD, SMP, dan SMA

Ilustrasi administrasi guru

Halo Bapak, Ibu Guru! Pada kesempatan kali ini Guru Berto akan berbagi contoh jurnal penilaian sikap oleh wali kelas, jurnal penilaian sikap oleh guru, kisi-kisi tugas PJJ, pedoman penskoran tugas PJJ, dan modul PJJ untuk jenjang SD, SMP, dan SMA.

Jurnal Penilaian Sikap
Menurut Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang kompetensi inti dan dan komppetensi dasar, dijelaskan bahwa kompetensi dasar (KD) dari KI-1 dan KI-2 ada pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi pekerti (PABP) dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), sedangkan pada mapel lapinnya tidak dikembangkan kompetensi dasar. Khusus untuk guru mapel selain PABP dan PPKn, sikap yang dinilai adalah sikap spritual dan sikap sosial yang muncul secara alami selama pembelajaran di kelas, di luar kelas maupun pembelajaran jarak jauh. 

Berikut ini contoh sikap spritual yang dapat digunakan dan dinilai pada semua mapel:
a) berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan;
b) menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya;
c) memberi salam pada saat awal dan akhir kegiatan;
d) bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
e) mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan diri;
f) bersyukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu;
g) berserah diri (tawakal) kepada Tuhan setelah berikhtiar atau berusaha;
h) memelihara hubungan baik sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa;
i) bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia;
j) menghormati orang lain yang menjalankan ibadah sesuai agamanya.

Berikut ini adalah contoh indikator sikap sosial untuk semua mata pelajaran:
a) Jujur, misalnya tidak menyontek dalam mengerjakan tugas, tidak melakukan plagiat (mejiplak karya orang lain), mengungkapkan perasaan apa adanya, menyerahkan barang yang dtemukan kepada yang berwenang, membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya, mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
b) Disiplin, misalnya datang tepat waktu, patuh pada tata tertib atau peraturan bersama/sekolah, mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepapt waktu, mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar.
c) Tanggung jawab, misalnya mengerjakan tugas individu dengan baik, menerima resiko dari perbuatan, tidak menyalahkan orang lain tanpa bukti yang akurat, mengembalikan barang yang dipinjam, mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang diperbuat, menepati janji, tidak menyalahka orang lain untuk kesalahan yang diperbuat, melaksanakan apa yang pernah dikatakan tapa disuruh atau diminta. 
d) Santun, misalnya menghormati orang yang lebih tua; tidak berkata-kata kotor,kasar, dan takabur; tidak meludah di sembarang tempat; tidak menyela pembicaraan orang lain pada waktu yang tidak tepat; bersikap 3S (salam, senyum, sapa); meminta izin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barak milik orang lain, memperlakukan orang lain seperti diri sendiri ingin diperlakukan
e) Percaya diri, misalnya berpendapat atapu melakukan kegiatan tanpa rasa ragu, mampu membuat keputusan dengan cepat, tidak mudah putus asa, tidak canggung dalam bertindak, berani presetasi di depan kelas/forum, berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
f) Peduli, misalnya membantu orang yang membutuhkan, tidak melakukan aktivitas yang menggangu dan merugikan orang lain, melakukan aktivitas sosial untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, memelihara lingkungan sekolah, membuang sampah pada tempatnya, mematikan keran air yang mengucurkan air, mematikan lampu yang tidak digunakan, tidak merusak tanaman di lingkungan sekolah.

Guru mapel selain PABP dan PPKn dapat memilih teknik penilaian observasi, tetapi juga dapat memilih teknik penilaian diri atau penilaian antar teman. Penilaian diri dan penilaian antar teman dapat digunakan minimal satu kali dalam satu semester. Bapak, Ibu Guru juga memilih jurnal sebagai instrumen penilaian. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan penilaian sikap dengan teknik observasi
1) Jurnal penilaian sikap ditulis oleh wali kelas, guru mata pelajaran, dan guru BK selama satu periode satu semester.

2) Bagi wali kelas, satu jurnal digunakan untuk kelas yang menjadi tanggungjawabnya. Berikut ini contoh jurnal penilaian sikap oleh wali kelas.



3) Bagi guru mata pelajaran dan guru BK, satu jurnal digunakan untuk setiap kelas yang diajarnya. Berikut ini contoh jurnal penilaian sikap oleh guru mata pelajaran atau guru BK.



4) Guru mapel, guru BK, dan wali kelas emengikuti perkembangan sikap spritual dan sosial, dan mencatat perilaku peserta didik yang sangat baik atau kurang baik dalam jurnal segera setelah perilaku tersebut teramati atau menerima laporan tentang perilaku peserta didik.

Baca juga Jurnal Mengajar Guru untuk Guru Kelas di jenjang SD dan Guru Mata Pelajaran di tingkat SMP, SMA, dan SMK di guruberto.com.

Kisi-kisi Tugas 
Kisi-kisi tugas adalah spesifikasi yang memuat kriteria soal/pertanyaan pada tugas yang akan ditulis yang meliputi kompetensi dasar yang akan diukur, materi, indikator soal/pertanyaan, bentuk soal/pertanyaan, dan jumlah soal/pertanyaan. Kisi-kisi disusun untuk memastikan butir-butir soal atau pertanyaan yang diberikan mewakili apa yang seharusnya diukur secara proporsional.

Berikut ini contoh kisi-kisi tugas PJJ dan pedoman penskorannya untuk mata pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII Semester I.



Modul PJJ 
Modul Pembelajaran Jauh (PJJ) berisi aktivitas pembelajaran yang kontekstual, dapat dilakukan siswa yang didampingi oleh orang tua atau anggota keluarga lainnya dari rumah, dan akan membantu siswa mencapai kompetensi literasi dan numerasi pada berbagai mapel. Modul Pembelajaran Jauh ini dapat dibaca atau diunduh melalui gawai berbasis Android atau iOS.

Unduh modul PJJ untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan SD dan modul PJJ untuk semua mata pelajaran di jenjang SMP dan SMA



Demikian pembahasan tentang jurnal penilaian sikap oleh wali kelas, jurnal penilaian sikap oleh guru, kisi-kisi tugas PJJ, pedoman penskoran tugas PJJ, dan modul pembelajaran japrak jauh. Semoga bermanfaat. 

2 comments

Terima kasih ilmunya izin share dan menggunakan format. Jazakumullah hasan al jaza

Keren nih blognya. Semangat terus pak Guru


EmoticonEmoticon