Saturday, August 28, 2021

Contoh Jurnal Mengajar Guru Kelas dan Guru Mapel di Masa Pandemi COVID-19 Tahun Ajaran 2021/2022

Jurnal Mengajar Guru

Jurnal Mengajar Guru termasuk perangkat pembelajaran yang harus dimiliki guru di tahun ajaran 2021/2022. Karena pembelajaran di tahun ajaran 2021/2022 masih berlangsung di tengah pandemi Covid-19, maka guru perlu membuat jurnal mengajar moda daring maupun moda luring (PTM Terbatas).

Jurnal Mengajar Guru merupakan salah satu dokumen perangkat pembelajaran dalam buku kerja guru yang diisi oleh guru secara terus menerus sesudah mengajar (KBM). Jurnal ini sangat penting dalam melaksanakan proses pembelajaran. Jurnal berisi catatan tentang hal-hal yang terjadi dalam proses pembelajaran. Adapun fungsi Jurnal Mengajar Guru sebagai rekaman kegiatan pembelajaran sehingga dikenal juga sebagai jurnal reflektif guru.

Berdasarkan Jurnal Mengajar Guru, Bapak, Ibu Guru dapat menganalisis permasalahan yan terjadi dalam proses pembelajaran dan kemajuan KBM. Jurnal Mengajar Guru juga dapat dijadikan sebagai acuan kualitas pelaksanaan pembelajaran.

Bapak, Ibu dapat membuat Jurnal Mengajar Guru berikut komponen-komponen yang akan diisi sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah atau madrasah. Misal, jika di tempat mengajar menggunakan kurikulum 2013, maka jurnal yang disusun adalah jurnal mengajar guru K-13.

Berikut ini adalah contoh Jurnal Mengajar Guru untuk guru kelas yang terdiri dari 11 komponen yaitu identitas jurnal, hari/tanggal dibuat, tema, sub tema, pertemuan ke, kompetensi dasar (KD), materi pokok, kegiatan pembelajaran, penilaian pembelajaran, kehadiran peserta didik, persentase kehadiran peserta didik (opsional), dan permasalahan dalam proses pembelajaran daring.


Selain itu, Jurnal Mengajar Guru untuk guru mata pelajaran di SMP, SMA, dan SMK yang meliputi identitas jurnal, hari/tanggal dibuat dibuat, tema, kompetensi dasar (KD), materi pokok, kegiatan pembelajaran, penilaian pembelajaran, kehadiran peserta didik, persentase kehadiran peserta didik (opsional), dan permasalahan dalam proses pembelajaran daring.


Ada banyak format Jurnal Mengajar Guru yang dapat digunakan oleh guru. Pada prinsipnya, karena pembelajaran masih berlangsung di tengah pandemi, maka Jurnal Mengajar Guru secara daring di tahun ajaran disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah maupun madrasah.

Demikian contoh Jurnal Mengajar Guru untuk guru kelas dan guru mata pelajaran di masa pandemi COVID-19 tahun ajaran 2021/2022. Semoga bermanfaat. 


EmoticonEmoticon