Monday, August 9, 2021

Cara Izin Sakit Ke Guru Lewat Whatsapp dan Whatsapp Web

Tags

Cara Izin Ke Guru Lewat Whatsapp

Pandemi virus Corona telah mengubah praktik dan kebiasaan belajr, bukan saja di Indonesia tetapi juga di seluruh duni. Pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah dan tempat pendidikan kemudian berpindah menjadi belajar dari rumah. 

Singkat kata, hampir semua sekolah di Indonesia menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau yang disebut dengan pembelajaran daring (online). Aplikasi pembelajaran online dikembangkan dengan menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pembelajaran online. Seperti Whatsapp, Google Classsroom Zoom Meeting, Google Meeting, Microsoft Teams, dan lainnya. Semua teknologi ini membuat para siswa tidak seperti berangkat sekolah karena bersekolah dari rumah atau belajar dari rumah. 

Lantas, bagaimana jika siswa ingin meminta izin kepada guru bahwa siswa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti pembelajaran hari ini dikarenakan sakit atau ada urusan lainnya? Maka siswa dapat menggunakan aplikasi Whastapp dan memohon izin tidak dapat mengikuti pembelajaran hari itu kepada guru. 

Whatsapp merupakan aplikasi chattting yang dapat dioperasikan melalui Whatsapp mobile (aplikasi), Whatsapp Web, dan Whatsapp Desktop. Pada kesempatan ini Guru Berto akan memberitahukan cara izin sakit ke guru melalui Whatsapp Web dan Whatsapp mobile (aplikasi) di ponsel pintar.

Cara izin ke guru lewat Whatsapp
Permohonan izin kepada guru untuk tidak mengikuti pembelajaran hari ini dikarenakan alasan sakit atau ada urusan lainnya, siswa yang bersangkutan tidak perlu mengirimkan surat ke sekolah. Siswa dapat membuat surat izin, mengirimkan surat tersebut dalam format Word atau scan/foto surat izin melalui Whatsapp kepada guru. 
1. Jalankan aplikasi Whatsapp atau Whatsapp Web
Pertama kamu harus menyiapkan surat izin tidak dapat mengikuti pembelajaran (contoh surat izin terlampir), lalu jalankan aplikasi Whatsapp di Android atau iPhone atau Whatsapp Web. 

2. Beritahukan alasan izin kepada guru
Selanjutnya, pilih akun Whatsapp atau kontak wali kelas atau gurumu, dan ketikkan pesan berisi permohonan izin. Misal, "Selamat pagi bapak,ibu guru. Mohon maaf bapak, ibu guru saya ingin memberitahukan bahwa saya tidak bisa mengikuti pembelajaran online pada hari ini dikarenakan sakit .... Untuk surat sakit dari dokter dan surat izin tidak dapat mengikuti pembelajaran online, saya lampirkan di sini. Terima kasih."

3. Kirimkan surat izin
Lampirkanlah file surat izin atau surat sakit dari dokter dikarenakan kamu sakit. Caranya tekan pada icon lampiran yang berupa tanda klip, kemudian pilih dokumen (surat dalam fromat Word atau PDF) atau Galeri (scan atau foto surat izin). Setelah menemukan dokumen yang akan kita kirim dan konfirmasi melalui tombol KIRIM. 

Contoh Surat Izin Sakit

Semoga informasi yang kamu beritahukan di atas bisa membantu kamu yang masih bingung bagaimana cara memohon izin tidak dapat mengikuti pembelajaran online karena alasan sakit kepada guru lewat Whtasapp. Semoga bermanfaat. 

1 comments so far

Terima kasih pak guru Berti atas informasi yang bermanfaat ini. Salam sehat, salam hangat!


EmoticonEmoticon