Sunday, August 8, 2021

FRISCO, Elemen Dasar Tahapan Keterampilan Berpikir Kritis

Tags

HOTS sebagai berpikir kritis

Brookhart (2010) memaparkan jenis HOTS-Higher Order Thinking Skills (keterampilan berpikir tingkat tinggi) didasarkan pada tujuan pembelajaran di kelas, yaitu terdiri dari tiga kategori
  • HOTS sebagai transfer (HOTS as transfer)
  • HOTS sebagai berpikir kritis (HOTS as critical thinking)
  • HOTS sebagai pemecahan masalah (HOTS as problem solving)
HOTS sebagai transfer didefeniskan sebagai keterampilan untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dikembangkan dalam pembelajaran pada konteks yang baru. HOTS sebagai transfer mencakup keterampilan menganalisis (anaylizing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating).

HOTS sebagai berpikir kritis didefenisikan sebagai keterampilan memberikan penilaian yang bijak dan mengkritis sesuatu menggunkaan alasan logis dan ilmiah. Sementara itu, berpikir kritis merupakan proses dimana segala pengetahuan dan keterampilan dikerahkan dalam memecahkan permasalahan yang muncul, mengambil keputusan, menganalisis semua asumsi yang muncul dan melakukan investigasi atau penelitian berdasarkan data dan informasi yang telah didapatkan sehingga menghasilkan informasi atau simpulan yang diinginkan.  

Adapun elemen dasar tahapan keterampilan berpikir kritis, yaitu FRISCO. Kiranya keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu modal menghadapi abad 21.
FRISCO, Elemen Dasar Tahapan Keterampilan Berpikir Kritis

Elemen dasar tahapan berpikir kritis yaitu FRISCO; F (Fokus), mengidentifikasi maalah dengan baik, R (Reason) alasan-alasan yang diberikan bersifat logis, I (Inference) jika alasan yang dikembangkan adalah tepat, maka alasan tersbut harus cukup pada kesimoulan yang sebenarnya, S (Situation) membandingkan dengan situasi yang sebenarnya, C (Clarity) harus ada kejelasan istilah maupun penjelasan yang digunakan pada argumen sehingga tidak terjadi kesalahan dalam mengambil keputusan, O (Overview) pengecekan terhadap sesuatu yang telah ditemukan, diputuskan, diperhatikan, dipelajari, dan disimpulkan. 

HOTS sebagai pemecahan masalah didefenisikan sebagai keterampilan mengidentifikasi masalah dan menyelesaikan masalah menggunakan strategi nonautomatic. Dengan kemampuan ini, siswa akan mampu menyelesaikan permasalahan mereka sendiri dan bekerja dengan lebih efektif. 


EmoticonEmoticon