Thursday, June 3, 2021

Ini Manfaat Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi bagi Guru


Kemendikbud Ristek bersama Kemenag meluncurkan panduan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Dokumen panduan pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai acuan bagi guru dan tendik (GTK) di jenjang PAUD, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Panduan pembelajaran ini bertujuan untuk memudahkan dalam menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas yang direncakan akan dimulai pada tahun ajaran 2021-2022.

Pada prinsipnya, paduan pembelajaran ini dapat disesuaikan dan dikembangkan berdasarkan kondisi sekolah di daerah-daerah.

Sebagaimana kita ketahui bersama, melalui SKB Empat Menteri tertanggal 30 Maret 2021, telah diputuskan bahwa satuan pendidikan yang para guru dan tendik sudah divaksinasi secara lengkap wajib segera melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas.

Namun demikian layanan pembelajaran daring (PJJ) juga wajib disediakan agar orang tua atau wali dapat memilih bagi anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas atau PJJ.

Bagi satuan pendidikan di daerah yang sudah ataupun dalam proses melakukan pembelajaran tatap muka terbatas meskipun guru dan tendik-nya belum divaksinasi tetap diperbolehkan selama mengikuti prokes sesuai dengan izin pemda.

Mengutip Instagram resmi Direktorat SD Kemendikbud Ristek, ada manfaat, tujuan, dan sasaran panduan pembelajaran saat pandemi.

Tujuan Penyusunan Panduan
1. Memandu guru dan tendik dalam merancang, memfasilitasi, melaksanakan dan merefleksikan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.
2. Memandu guru dan tendik dalam melalukan penyesuaian pembelajaran ketika ada perubahan kondisi pada satuan pendidikan  dan/atau status terkait daerah daerah pandemi Covid-19.
3. Memandu warga satuan pendidikan dalam melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap efektivitas pembelajaran di masa pandemi.

Sasaran Pendidikan
1. Dinas pendidikan pemerintah dan Kamtor Wilayah Kemenag.
2. Pengawas sekolah atau madrasah.
3. Kepala satuan pendidikan (sekolah, madrasah dan satuan pendidikan lainnya).
4. GTK

Manfaat Panduan
1. Adanya arahah atau penyesuaian konsep dan rencana pembelajaran di masa pandemi Covid-19  bagi GTK.
2. Adanya acuan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas dan satuan pendidikan bagi peserta didik dan warga satuan pendidikan.
3. Adanya rujukan bagi guru dan peserta didik dalam melakukan penyesuaian pembelajaran campuran di masa pandemi Covid-19.

Bagi GTK dan orangtua yang ingin mempelajari lebih detail mengenai panduan pembelajaran di masa pandemi bisa mengunduh panduan di laman resmi bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id dan spab.kemdikbud.go.id.


EmoticonEmoticon