Friday, April 23, 2021

Dear Guru & Tendik, Yuk Ikuti Program Beasiswa Pendidikan Indonesia

 

Screenshot Merdeka Belajar Episode 10: Perluasan Program Beasiswa LPDP

Kabar gembira bagi guru dan tenaga kependidikan (tendik) yang memiliki mimpi ingin kuliah dan melanjutkan studi dengan beasiswa negara. 


Tahun 2021 ini, program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang berada di bawah naungan Kemenkeu berkolaborasi dengan Kemendikbud memperluas cakupan beasiswa menjadi lebih banyak lagi. 


Sebagaimana kita ketahui sebelumya, beasiswa yang diberikan LPDP hanya untuk melanjukan studi jenjang S2 atau S3, kali ini menjadi lebih luas lagi.


Kemendikbud melalui Beasiswa Pendidikan Indonesia menambahkan enam program baru yaitu  beasiswa untuk guru dan tenaga pendidik (tendik), beasiswa dosen dan tendik, beasiswa prestasi S1 dan S2, beasiswa kebudayaan, dan Kampus Merdeka.


Bagi guru yang ingin mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri hanya berlaku untuk yang melanjutkan studi jenjang S2. Sementara itu, guru yang berkeinginan melanjutkan studi S3 harus kuliah di delapan perguruan tinggi terpilih di dalam negeri.


Terkhusus guru SMK, beasiswa diberikan untuk melanjutkan studi S1. Ada juga subsidi yang diberikan bagi guru yang mengikuti kegiatan magang di industri.


Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia akan dibuka mulai tanggal 2 Mei 2021. Informasi lengkap terkait pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia dapat diakses melalui laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/ atau http://beasiswa.kemdikbud.go.id/.


Adapun seleksi Beasiswa Pendidikan Indonesia dilakukan dalam dua bentuk yaitu seleksi administratif dan seleksi substantif. Seleksi administratif dilakukan oleh sistem Beasiswa Pendidikan Indonesia. Sementara itu, seleksi substantif dilakukan melalui serangkaian seleksi tes substantif  dan atau tes wawancara. 


Demikian informasi tentang Program Beasiswa Pendidikan Indonesia bagi guru dan tenaga kependidikan (tendik). Semoga ada manfaatnya.


EmoticonEmoticon