Saturday, April 24, 2021

Download Aplikasi Cetak SKHU, SKL, dan Pengolah Nilai Ijazah SD 2021

Tags

 

Aplikasi Cetak SKHU dan Olah Nilai Ijazah SD 2021

Dear Ibu dan Bapak Guru Kelas, pada kesempatan ini Guruberto.com akan berbagi aplikasi pengolah nilai ijazah SD dan cetak SKHU dan SKL. Aplikasi ini sudah disesuaikan dengan petunjuk teknis kriteria kelulusan yang ditetapkan Kemendikbud.


SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian) adalah surat keterangan yang dikeluarkan oleh sekolah yang berisi nilai hasil ujian sekolah (US) dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya. 


SKHU diterbitkan sebelum ijazah dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan. SKHU Sementara merupakan salah satu syarat administratif  digunakan untuk mendaftar ke jenjang yang lebih tinggi.


Untuk memudahkan Ibu dan Bapak Guru Kelas dalam membuat SKHU Sementara, silahkan Ibu dan Bapak Guru gunakan aplikasi cetak SKHU Sementara SD berikut. Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan Ibu dan Bapak Guru mengolah nilai ijazah SD, cetak SKHU Sementara, dan cetak Surat Keterangan Lulus (SKL). Mengingat bahwa pengumuman kelulusan SD pada 15 Juni 2021, maka pengolahan nilai sebaiknya dilakukan segera.


Aplikasi cetak SKHU, SKL, dan Pengolah Nilai Ijazah SD ini dibuat oleh Aina Mulyana seorang guru blogger di ainamulyana.blogspot.com.


Ada dua kelebihan aplikasi yang dibuat oleh Aina Mulyana yaitu mudah digunakan untuk pengolahan nilai dan user juga bisa mengedit aplikasi untuk mencocokkan dengan kebutuhan sekolah karena disediakan password sheet aplikasi untuk melakukan perubahan (edit).


Bagi Ibu dan Bapak Guru Kelas yang ingin menggunakan Aplikasi cetak SKHU, SKL, dan Pengolah Nilai Ijazah SD dari Aina Mulyana, silahkan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

(1) Download Aplikasi cetak SKHU, SKL, dan Pengolah Nilai Ijazah SD DISINI.

(2) Buka aplikasi dengan Microssoft Excel dan perhatikan menu yang tersedia di aplikasi.

(3) Selanjutnya, lengkapilah data sekolah Ibu dan Bapak Guru melalui menu Data Sekolah dan Kriteria Kelulusan.

(4) Lengkapilah data siswa melalui menu Biodata Siswa yang akan digunakan sebagai data pada SKHU dan SKL.

(5) Masukkan nilai Ujian Sekolah kelas VI melalui menu Nilai Kelas 6 Semester 2.

(6) Masukkan nilai rapor siswa setiap mapel melalui menu Input Nilai Rapor Kelas 4, 5, 6.

(7) Untuk mencetak SKHU Sementara klik Print SKHU.

(8) Untuk mencetak SKL klik menu Print Pengumuman Kelulusan.


Demikian informasi tentang Aplikasi cetak SKHU, SKL, dan Pengolah Nilai Ijazah SD ini. Guruberto.com berharap ini bisa berguna bagi Ibu dan Bapak Guru Kelas. 


EmoticonEmoticon