Thursday, April 22, 2021

Ini Beberapa Persiapan Penting Sebelum Mendaftar PPPK 2021

Tags

 

Pendaftaran PPPK 2021

Rekrutmen sejuta PPPK untuk guru pastinya membuat senang hati para guru yang belum berstatus sebagai ASN atau Aparatur Sipil Negara. Sebagaimana kita ketahui bahwa ASN meliputi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan PPPK, untuk itu bersiaplah para guru untuk mengikuti seleksi PPPK 2021 ini. Informasi ini Guruberto.com khususkan untuk Ibu dan Bapak Guru Calon Guru ASN PPPK saja. 


Ada beberapa persiapan penting yang harus dan wajib Ibu dan Bapak Guru lakukan sebelum dimulainya pendaftaran PPPK 2021. Silahkan Ibu dan Bapak Guru simak di bawah ini dan semoga bisa membantu Ibu dan Bapak Guru.


1. Verval Ijazah


Verval Ijazah ini menjadi sangat penting bagi calon guru ASN PPPK karena Verval Ijazah ini dibuat untuk mensinkronkan data ijazah Ibu dan Bapak Guru mulai dari LPTK/Universitas, tahun kelulusan, dan nomor seri ijazah.


Verval Ijazah ini bertujuan untuk membuktikan keaslian ijazah Ibu dan Bapak Guru. Untuk melakukan Verval Ijazah bisa dilakukan pada laman Info GTK secara mandiri. Jika data verval ijazah yang Ibu dan Bapak Guru masukkan sudah benar, maka status Verval Ijazah sudah berhasil.


2. Mengikuti Program Guru Belajar dan  Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK merupakan layanan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Calon Guru ASN PPK berupa materi, perangkat, latihan soal-soal, pembelajaran komunitas serta Tryout sebagai tambahan bekal untuk mengikuti seleksi PPPK 2021.


Untuk mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK guru harus memiliki akun SIM PKB. Sampai di tahap ini Ibu dan Bapak Guru sudah melakukannya.


3. Perbaikan Data pada Verval PTK

Perbaikan data pada laman Verval PTK sangat penting sekali, karena data identitas PTK harus sama dengan data kependudukan Dukcapil. Misalnya, jika ditemukan NIK yang dimasukkan pada Dapodik tidak sama dengan yang tercantum pada data kependudukan Dukcapil, maka guru yang bersangkutan wajib melakukan perbaikan data pada Verval PTK sebelum pendaftaran dibuka.


Untuk sementara tiga hal di atas bisa Ibu dan Bapak Guru jadikan referensi untuk melakukan persiapan menghadapi seleksi PPPK 2021 khususnya bagi Ibu dan Bapak Guru yang terdaftar di Dapodik.


EmoticonEmoticon