Tuesday, March 5, 2019

Perbedaan Anabolisme dan Katabolisme

Tags

Metabolisme adalah seluruh reaksi kimia yang terjadi dalam suatu organisme. Terdapat dua tipe utama metabolisme, yaitu katabolisme dan anabolisme. Anabolisme atau reaksi asimilasi mencakup berbagai reaksi penyusunan molekul kompleks dari substansi yang lebih sederhana. Sedangkan katabolisme  atau reaksi disimilasi mencakup pemecahan molekul kompleks menjadi substansi-substansi yang lebih sederhana.

Metabolisme

Salah satu reaksi katabolisme yang terjadi di dalam semua organisme adalah respirasi seluler. Reaksi yang terjadi di mitokondria ini adalah oksidasi senyawa organik dengan molekul oksigen untuk  menghasilkan energi.
Perbedaan Katabolisme dan Anabolisme

Anabolisme mencakup berbagai reaksi penyusunan senyawa kompleks di dalam sel. Contoh paling populer yang dapat digunakan untuk menggambarkan reaksi anabolisme adalah fotosintesis, proses pembentukan senyawa organik yang dilakukan oleh organisme autotrof.
Fotosintesis terdiri dari dua tahap, yaitu reaksi terang dang siklus Kalvin. Reaksi terang adalah tahap pengubahan energi matahari menjadi energi kimia. Siklus Kalvin dimulai dengan penyatuan karbondioksida yang diabil dari udara ke dalam molekul organik yang telah ada di dalam sel. Reaksi inisasis ini disebut fiksasi karbon. Siklus Kalvin kemudian mereduksi karbon yang telah difiksasi menjadi karbohidrat dengan menambahkan elektron.

Contoh soal:
1. Soal OSN 2015 TINGKAT KAB/KOTA
Reaksi kimia yang membebaskan energi melalui perombakan nutrien disebut ....
A. asimilasi
B. dekarboksilasi
C. disimilasi
D. metabolisme
Pembahasan
Reaksi disimilasi atau katabolisme adalah reaksi kimiawi yang membebaskan energi melalui perombakan nutrien.
Jawaban: C


EmoticonEmoticon