Friday, March 1, 2019

Rumus Cepat Rambat Gelombang dan Contoh Soal (UN IPA SMP)

Gelombang adalah usikan (getaran) yang merambat, yang membawa energi dari suatu tempat ke tempat lainnya. Berdasarkan arah rambat gelombang tehadap arah getarnya, gelombang dibagi dua: gelombang transversal dan gelombang longitudinal.

Gelombang

Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus terhadap arah getarnya. Contohnya gelombang tali; ketika ujung tali kamu getarkan secara vertikal naik turun kamu amati gelombang secara horizontal ke kanan. Gelombang longitudinal adalah gelomban yang arah rambatnya sejajar terhadap arah getarnya. Misalnya pegas slinki kamu letakkan di atas lantai, ujung yang satu kamu tahan tetap, kemudian ujung lain kamu getarkan maju mundur. Kamu akan mengamati bahwa pegas merambat secara horizontal sejajar dengan arah getarnya.

Mari kita amati gerak pada gelombang transversal.
Penampilan sebuah gelombang tranversal

Misalkan gelombang merambat dengan cepat rambat v. Pada suatu waktu tertentu di titik A dilewati oleh puncak gelombang dan beberapa waktu kemudian titik B dilewati oleh puncak gelombang berikutnya. Kamu telah mengetahui bahwa jarak antara dua puncak gelombang yang berurutan (di sini AB) sama dengan panjang gelombang λ dan selang waktu untuk menempuhnya adalah periode T. Cepat rambat gelombang v adalah tetap sehingga memenuhi persamaan GLB.
Rumus cepat rambat gelombang

Contoh soal
1. UN IPA SMP/MTS Tahun 2018
Gelombang merambat pada permukaan air laut seperti gambar berikut!

Bila gabus naik turun 10 kali dalam waktu 5 sekon, cepat rambat gelombang tersebut adalah ....
A.   2 m/s
B.   4 m/s
C.   5 m/s
D. 10 m/s
Jawab:
Jarak antara puncak ke puncak = λ. Nah, pada gambar tampak bahwa panjang gelombang λ = 2 m.
Frekuensi,  = n /  = (10) / (5 s) = 2 1/s  = 2 Hz.
Cepat rambat gelombang v = λ . f  = (2 m) (2 Hz) = 4 m/s
Jawaban: B


EmoticonEmoticon