Wednesday, March 6, 2019

Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi

Tags

Rotasi dan Revolusi Bumi

Rotasi bumi terhadap porosnya mengakibatkan enam  hal berikut:
(1) Gerak semu harian benda langit.
Setiap hari di langit kamu melihat matahari dan benda-benda langit lainnya bergerak dari timur ke barat (terbit di timur, terbenam di barat). Padahal sesungguhnya Matahari diam dan bumilah yang berotasi terhadap porosnya sendiri dari barat ke timur ("arah timur"). Karena itulah gerak matahari dan benda-benda langit ini disebut gerak semu harian.
(2) Pergantian siang dan malam.
Sementara Bumi berotasi, belahan bumi secara bergantian terkena sinar matahari. Selama 12 jam suatu tempat terkena sinar matahari (siang hari) dan 12 jam berikutnya tempat ini tidak terkena sinar matahari (malam hari). 
(3) Penggembungan di khatulistiwa dan pemepatan di kutub.
Dahulu sewaktu Bumi mengalami pembekuan dari gas menjadi cair kemudian menjadi padat, bumi terus berotasi terhadap porosnya sendiri dengan cepat. Akibat rotasi ini, inersia (kelembaman) menyebabkan bagian di sekitar khatulistiwa berayun ke arah luar. 
(4) Perbedaan waktu.
Matahari seolah-olah bergerak dari Timur ke Barat. Karena di tempat di sebelah timur selalu melihat Matahari lebih dahulu daripada di tempat di sebelah baratnya. Dengan kata lain: waktu tempat di sebelah timur ditambah dan di sebelah barat dikurangi.
(5)Pembelokan arah angin.
Karena adanya efek Colioris yang disebabkan oleh rotasi bumi terjadilah penyimpangan lintasan angin yang dinyatakan oleh Hukum Buys Ballot yang berbunyi: Di belahan bumi utara angin berbelok ke kanan sedang di belahan bumi selatan angin berbelok ke kiri.
(6) Pembelokan arus laut.
Arus-arus permukaan laut disebabkan sebagian oleh angin sehingga seperti halnya sistem angin yang disimpangkan oleh rotasi bumi maka arus laut pun disimpangkan oleh rotasi bumi. Arus laut dipaksa membelok searah jarum jam di laut-laut belahan bumi utara dan membelok berlawanan arah jarum jam di laut-laut belahan bumi selatan.

Revolusi Bumi

Adanya gravitasi antara Bumi dan Matahari dan massa Matahari yang jauh lebih besar daripada Bumi menyebabkan Bumi bergerak Matahari (disebut revolusi) dengan arah "timur". Ada empat hal penting yang diakibatkan oleh revolusi bumi : (1) pergantian musim, (2) gerak semu tahunan Matahari, (3) perubahan lamannya siang dan malam, dan (4) terlihatnya rasi bintang yang berbeda dari bulan ke bulan. 


EmoticonEmoticon