Monday, December 5, 2022

Tips dan Contoh Catatan Wali Kelas Pada Rapor


Catatan Wali Kelas dapat didefenisikan sebagai penyataan yang diberikan oleh wali kelas kepada murid sebagai upaya penyemangat belajar. Catatan ini dimuat dalam Laporan Hasil Belajar Peserta Didik atau rapor di akhir semester.
 
Fungsi Catatan Wali Kelas
Seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya bahwa catatan wali kelas sebagai penyemangat belajar bagi peserta didik sehingga peserta didik terdorong untuk melakukan perbuatan belajar. Melaui catatan tersebut, orangtua juga dapat mengetahui hasil belajar anaknya selama pembelajaran satu semester dan/atau satau tahun pembelajaran. 

Tips Menulis Catatan Wali Kelas
Sebelum mengisi kolom 'Catatan Wali Kelas', Bapak, Ibu Guru simak tips berikut ini.
  1. Sebagai wali kelas, Bapak, Ibu Guru tentu mengetahui kelebihan peserta didik dan tidak gengsi mengakuinya. Kelebihan di sini bukan semata-mata tentang prestasi saja tetapi cenderung ke sifatnya dalam keseharian. 
  2. Memberikan pujian bagi kelebihan atau karakter positif peserta didik dan tidak melulu membicarakan kekurangan peserta didik.
  3. Berikan catatan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dengan kalimat positif dan santun

Contoh Catatan Wali Kelas
Kita tidak bisa menafikan bahwa tugas wali kelas paling mumet sebenarnya adalah saat mengisi nilai rapor khususnya saat mengisi kolom 'Catatan Wali Kelas'. Tak sedikit sedikit pula wali kelas mengisinya dengan simpel seperti, 'Tingkatkan belajarmu', 'Pertahankan prestasimu', 'Dan lain-lain'.

Berikut ini guruberto.com  bagikan contoh catatan wali kelas yang berisi tentang kelebihan peserta didik. Misal:

'Kamu anak yang cerdas, punya keingintahuan yang luar biasa, jika kamu bisa memanfaatkannya dsengan baik suatu hari kelak kamu akan menjadi pribadi yang sukses.'

'Kamu anak yang aktif, suka hal-hal yang baru dan tidak pernah bisa diam itu menunjukkan kamu anak anak yang energik.' (Ini contoh deskripsi untuk peserta didik yang selalu ribut dan suka berkeliaran di kelas).

'Kamu anak yang sopan, baik dan pandai menjaga perasaan teman terutama guru.' (Catatan untuk anak yang pediam)

'Kamu anak paling rapi dan bersih. Bapak dan teman-temanmu sangat menyukaimu karena hal itu.'

Tidak sulit menuliskan kelebihan setiap peserta didik sebab setiap peserta didik memang punya kelebihan masing-masing, sebandel-bandelnya peserta didik kita, kalau kita mau jujur pasti memiliki kelebihan.

Sebagai contoh, Bapak, Ibu Guru mengajar anak didik perempuan yang omongannya kasar, hampir tiap hari melawan guru, jarang hadir, suka bolos, dan jangan tanya soal kemampuan belajarnya. Hasilnya hampir nol. Pokoknya hampir sulit mengungkapkan apa kelebihannya. Mungkin satu-satunya hanya ia terlihat cantik. Mirip Acha Septriasa. Lalu kita bisa tulis:

'Kamu anak yang cantik. Mirip artis Acha Septriasa. Bapak sangat mengidolakannya. Semoga Bapak pun bisa mengidolakannmu sebagi murid yang mampu berhasil seperti Acha di suatu hari kelak.

Sebagian isi tulisan ini disarikan dari postingan akun facebook Rina April Melina yang berjudul IBU GURU, AKU BUTUH PENGAKUAN


EmoticonEmoticon