Friday, July 15, 2022

Contoh Format Daftar Nilai Kurikulum Merdeka Untuk SD, SMP, SMA, dan SMK


Pengolahan hasil asesmen dilakukan dengan  menganalisis secara kuantitatif dan/atau kualitatif terhadap hasil asesmen. Hasil asesmen untuk setiap Tujuan Pembelajaran melalui data kualitatif (hasil amatan atau rubrik) maupun data kuantitatif (berupa angka). Data-data ini diperoleh dengan membandingkan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, baik pada capaian pembelajaran di akhir fase, maupun tujuan-tujuan pembelajaran turunannya. 

Asemen sumatif dilaksanakan secara periodik setiap selesai satu atau lebih tujuan pembelajaran. Hasil asesmen perlu diolah menjadi capaian dari tujuan pembelajaran setiap peserta didik. Pendidik dapat menggunakan data kualitatif sebagai hasil asesmen tujuan pembelajaran peserta didik. Namun, dapat juga menggunakan data kuantitatif dan mendeskripsikannya secara kualitatif. Pendidik diberi keluluasaan untuk mengolah data kuantitatif, baik secara rerata maupun proporsional.

Mengolah Capaian Tujuan Pembelajaran Menjadi Nilai Akhir

Capaian tujuan pembelajaran peserta didik menjadi bahan yang diolah menjadi nilai akhir mata pelajaran dalam kurun waktu pelaporan (biasanya satu semester). Untuk mendapatkan nilai akhir mata pelajaran tersebut, data kuantitatif langsung diolah, sedangkan untuk deskripsi, pendidik dapat memberikan penjelasan mengenai kompetensi yang sudah dikuasai peserta didik, mana kompetensi yang belum dikuasai, dan dapat ditambahkan tindak lanjut secara ringkas bila ada.

Penting untuk diperhatikan bahwa pendidik tidak mencampur perhitungan dari hasil asesmen formatif dan sumatif karena asesmen formatif dan sumatif memiliki fungsi yang berbeda. Asesmen formatif bertujuan untuk memberikan umpan balik pada proses sehingga asesmen formatif bukan menjadi penentu atau pembagi nilai akhir. 

Dalam mengolah dan menentukan hasil akhir asesmen sumatif, pendidik perlu membagi asesmennya ke dalam beberapa kegiatan asesmen sumatif agar peserta didik dapat menyelesaikan asesmen sumatifnya dalam kondisi optimal (tidak terburu-buru atau tidak terlalu padat). Untuk situasi ini, nilai akhir merupakan gabungan dari beberapa kegiatan asesmen tersebut. 

Untuk meringkas pengolahan nilai rapor berupa data kuantitatif biasanya pendidik membuat daftar nilai. Nah, berikut ini guruberto.com bagikan contoh format daftar nilai Kurikulum Merdeka untuk SD, SMP, SMA, dan SMK.


Catatan:
  • TP adalah singkatan dari Tujuan Pembelajaran
  • Sumatif 1, sumatif 2, sumatif 3, sumatif 4, ..., sumatif n merupakan data sumatif pada akhir lingkup materi
  • Nilai rapor diperoleh dari Nilai akhir sumatif lingkup materi dan sumatif akhir semester
  • Pembobotan dalam penghitungan nilai rapor ditetapkan oleh satuan pendidikan

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon