Saturday, March 5, 2022

Cara Mengatasi Lupa Password Akun Pembelajaran belajar.id

Tags

Cara reset password jika lupa kata sandi akun belajar.id by tangkapan layar laman belajar.id

Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik dengan domain belajar.id yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Akun Pembelajaran atau Akun Belajar.id dapat digunakan untuk mengakses beragam aplikasi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar seperti Panggilan Video, aplikasi Merdeka Mengajar, Penyimpanan Daring, Kelas Daring, Chromebook, Presentasi Daring, Formulir Daring, Dokumen Daring, SIMPKB, Pengolah Angka, TanyaBOS, dan Rumah Belajar.


Untuk menikmati layanan dan aplikasi yang tersedia, peserta didik maupun guru dan tenaga kependidikan harus melakukan aktivasi akun terlebih dulu dan mengganti password atau kata sandi dengan yang baru. Oleh karena itu, peserta didik maupun guru dan tenaga kependidikan perlu mengganti password atau kata sandi  dengan minimal 8 karakter. Sebaiknya peserta didik maupun guru dan tenaga kependidikan mengingat dan mencatat password atau kata sandi baru agar tidak lupa.

Namun bagaimana jika Bapak, Ibu Guru lupa kata sandi atau ingin mengganti password atau kata sandi baru?

Dikutip guruberto.com dari Pusat Bantuan Akun Pembelajaran, Bapak, Ibu guru hanya dapat mengganti password atau kata sandi melalui admin sekolah, yaitu kepala sekolah dan operator sekolah maupun mengakses tombol "Butuh Bantuan". 

Jika lupa dengan password atau kata sandi akun pembelajaran, Bapak, Ibu Guru dapat mengajukan reset password pada operator sekolah. Selain itu, Bapak, Ibu Guru juga dapat meminta bantuan dengan mengakses tombol "Butuh bantuan".

Admin sekolah dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengganti kata sandi atau reset password:
1. Membuka admin console di laman https://admin.google.com/. Masuk menggunakan akun pembelajaran (belajar.id) pribadi.
2. Klik user atau pengguna.
3. Pilih akun user, lalu klik reset password.
4. Masukkan password baru di kolom yang tersedia dan klik Reset.


Setelah berhasil, admin sekolah harus memberikan kata sandi baru langsung kepada peserta didik maupun guru dan tenaga kependidikan yang bersangkutan dan tercatat di Dapodik. Bapak, Ibu Guru diminta login dengan password atau kata sandi baru tersebut dan melakukan penggantian kata sandi lagi untuk akun belajar.id. 

Agar Bapak, Ibu Guru tidak lupa lagi dengan password atau kata sandi akun pembelajaran, Bapak, Ibu Guru disarankan untuk mencatat kata sandi baru dan menyimpannya dengan baik. 


EmoticonEmoticon