Tuesday, October 12, 2021

Tips dan Trik Lolos Seleksi PPPK Guru Tahap 2

Tags

Seleksi Kompetensi Tahap 2

Mengawali postingan ini, guruberto.com mengucapkan selamat kepada rekan guru honorer yang lulus seleksi kompetensi PPPK Guru tahap 1. Dan kepada rekan-rekan guru yang lain, mari tetap semangat dan memfokuskan energi serta konsentrasi untuk mengikuti kesempatan kedua dan ketiga seleksi PPPK Guru 2021.

Seleksi kompetensi PPPK Guru tahap 2 sudah di depan mata. Berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 5663/B/GT.01.00/2021, pelaksanaan seleksi PPPK Guru Tahap 2 dilaksanakaan pada 24 -30 Oktober 2021.  Adapun peserta seleksi kompetensi PPPK Guru tahap 2, yaitu:
  • peserta PPPK Guru yang tidak lolos seleksi kompetensi PPPK Guru tahap 1
  • honorer THK-II
  • guru honorer di sekolah swasta yangt terdaftar di Dapodik, dan 
  • lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di database
Berikut ini guruberto.com bagikan tips dan trik lolos seleksi PPPK Guru tahap 2
1. Pilih Formasi Kosong atau Yang Sepi Peminat
Untuk peserta yang tidak lolos seleksi kompetensi tahap 1 dapat memilih ulang formasi pada seleksi kompetensi tahap 2. Sedangkan untuk peserta guru honorer di sekolah swasta dapat memilih formasi yang belum terisi untuk pertama kali. Sementara itu, bagi lulusan PPG dapat memilih formasi yang belum terisi untuk pertama kali atau memilih formasi sesuai degan domisili.

Pada saat memilih formasi, pilih formasi kosong (tak ada pelamar) maupun formasi yang yang sepi pendaftar yang tentunya sesuai dengan sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan. Biasanya daerah jauh dari tempat keramaian atau terpencil. Kita bisa melihat daftar formasi di daerah-daerah terpencil. 

Hindari memilih tempat ramai seperti perkotaan, dekat perkantoran atau kecamatan. Intinya daerah yang terpencil biasanya tidak memiliki pendaftar. Jika dalam formasi yang kita ikuti hanya ada kita sendiri, maka dipastikan peluang lolos seleksi jauh lebih besar.


2. Mengenali Materi dan Tipe Soal
Pada umumnya, soal seleksi kompetensi guru khususnya ujian kompetensi teknis termasuk jenis soal HOTS-Higher Order Thinking Skills (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi) yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Soal ujian kompetensi teknis (kompetensi bidang dan pedagogi) dirancang untuk mengukur kemampuan tidak hanya pada di level memahami  saja namun mampu melakukan penalaran.

Tidak ada cara instan yag bisa kita lakukan untuk mengerjakan soal-soal HOTS seperti soal ujian kompetensi teknis. Dalam menghadapi soal kompetensi bidang, Bapak, Ibu bisa belajar soal-soal mata pelajaran yang berorientasi AKM maupun HOTS, misalnya buku-buku AKM SD maupun buku soal AKM SD. Sedangkan dalam menghadapi soal pedagogi, Bapak, Ibu bisa berlatih dari soal-soal pre test PPG maupun soal-soal pada modul-modul PPG serta dokumen-dokumen kurikulum yang berlaku saat ini.


Demikian dua tips dan trik lolos seleksi PPPK Guru tahap 2. Semoga bermanfaat. 


EmoticonEmoticon