Tuesday, August 10, 2021

Apa Itu Peta Minda dan Bagaimana Membuatnya?

Tags

Peta Minda Belajar

Peta minda atau dalam bahasa Inggris mind map merupakan salah satu teknik yang sering dipakai untuk mengatur ide dan memvisualisasikan ide-ide baru. 

Peta minda atau peta pikiran dapat menjelaskan suatu hal, konsep atau gagasan lebih mudah diingat dengan grafik, bagan, dan diagram. Peta minda dipopulerkan oleh Tony Buzan tahun 1974 berdasarkan cara kerja otak kita dalam menyimpan informasi. 

Hasil riset menunjukkan bahwa otak kira menyimpan informasi dalam neuron (sel saraf) dalam bentuk cabang-cabang, sehingga bila dilihat sekilas akan tampkan seperti bentuk pohon dengan cabang dan rantingnya. Peta minda membantu memami suatu hal yang rumit, cukup dengan satu gambar. 

Di dunia pendidikan, peta mida adalah metode belajar yang dapat membantu para murid mengingat konsep secara mudah. Peta minda lebih banyak menggunakan citra visual, prasarana grafis dan sensorik dalam suatu pola yang berkaitan untuk membentuk kesan pada otak. Sehingga peta minda merupakan salah satu cara visual - spasiaa dalam bentuk kercerdasan majemuk (multiple intellegences) yang kini diterapkan dalam bidang pendidikan. 

Peta minda cocok digunakan pada setiap saat baik di awal pembelajaran maupn di saat akhir menghadapi asesmen. Setidaknya ada empat manfaat dari peta minda, yaitu menghemat waktu belajar dan mengulang, memfasilitasi pembelajaran, memperkuat ingatan, dan Memungkinkan siswa menginterpretasikan semua pelajaran yang di dipelajari.

Berikut langkah-langkah membuat peta minda secara konvensional:
  1. Siapkan kertas kosong berbentuk mendatar (landscape), tulis ide inti di bagian tengah kertas. Anda juga dapat mengganti atau menambah tulisan dengan gambar agar lebih menarik dan meningkatkan imajinasi.
  2. Cari topik yang berhubungan dengan ide inti.
  3. Hubungkan topik-topik ini dengan ide inti hingga membentuk cabang.
  4. Tuliskan kata kunci untuk topik cabang ini.
  5. Tambahkan gambar atau ilustrasi di tiap topik cabang.
  6. Beri ruang kosong di kertas untuk menambahkan ide atau gagasan terbaru.

Mengutip goodfirms.com, ada beberapa software yang menyediakan perangkat pembuat peta minda seperti Compedium, Freeplane, Wisemapping, Semantik, Xmind, Coggle, Mindmeister dan lain-lain. Pada prinsipnya, cara kerja pembuat perta minda dimulai dengan menuliskan gagasan paling inti, selanjutnya dikembangkan menjadi gagasan cabang. Pengguna juga bisa mengubah warna dan gambar sesuai dengan selera yang diinginkan. 


EmoticonEmoticon