Wednesday, June 30, 2021

Cara Daftar Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 di Laman SSCASN

Ilustrasi by abil maiwa channel

Pendaftaran PPPK Guru 2021 dilaksanakan secara online melalui laman SSCASN, sscasn.bkn.go.id.

Cara Pendaftaran PPPK

  1. Kunjungi laman SSCASN, lalu buatlah akun.
  2. Setelah berhasil membuat akun (Kartu Informasi Akun),selanjutnya pilih menu PPPK  atau ssp3k.bkn.go.id.
  3. Isikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan password yang telah Bapak, Ibu daftarkan lalu klik. Muncul tampilan Pengisian Biodata.
  4. Untuk kolom Tempat Lahir dan Tanggal Lahir (sesuai ijazah), Tempat Lahir dan Tanggal Lahir (sesuai Kartu Tanda Penduduk, KTP), serta Nama Pembuatan Akun terisi secara otomatis.
  5. Di bagian ini, pelamar dibolehkan mengubah beberapa data yang dimasukkan pada tahap sebelumnya yaitu: Nama (sesuai ijazah), Email, dan Jenis Kelamin.
  6. Lengkapilah kolom Gelar Depan Ijazah dan Gelar Belakang Ijazah, khusus bagi pelamar yang tidak memiliki gelar depan dan/atau gelar belakang, bagian ini diisi dengan tanda strip (-).
  7. Isikan Alamat (sesuai Kartu Tanda Penduduk, KTP) dan isi pertanyaan apakah pelamar sedang mengikuti program beasiswa.
  8. Pilih Jenis Disabilitas pada menu yang tersedia. Jika pelamar memilih Jenis Disabilitas selain Non Disabilitas, maka pelamar harus mengisi tautan video tetntang disabilitas yang dipilih.
  9. Lengkapilah Alamat Domisili (termasuk kelurahan dan kecamatan), Provinsi dan Kabupaten/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Tinggi Badan, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, dan Nomor Handphone.
Bapak, Ibu diharapkan membaca seluruh informasi dan himbauan yang tercantum di laman ssp3k.bkn.go.id. Sebelum melanjutkan proses log in, pendaftar harus memastikan:
  • Mengakhiri pendaftaran sampai tahapan terakhir (resume) agar berkas dapat diverifikasi oleh instansi.
  • Tidak diperkenankan mengubah data setelah mengakhiri pendaftaran.
  • Perhitungan usia pada saat melamar dihitung pada waktu mengakhiri pendaftaran         

Memilih Jenis Seleksi dan Mendaftar Formasi
Setelah pelamar melengkapi Pengisian Biodata, tahap berikutnya adalah Memilih Jenis Seleksi dan Mendaftar Formasi.

  1. Di tampilan 2, Memilih Jenis Seleksi, pilih jenis seleksi yang seusai pada kolom yang tersedia, kemudian klik Selanjutnya. Pada tahapan ini dilakukan pemeriksaan kesesuaian data di Dapodik dengan NIK pelamar. Bagi pelamar yang tercatat di Dapodik, akan tampil data sekolah mengajar dan instansi tempat mengajar. Sedangkan bagi seluruh pelamar yang data Kualifikasi Pendidikannya belum divalidasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi harus memvalidas Kualifikasi Pendidikan  di laman INFO GTK (klik tombol untuk melanjutkan validasi). Proses validasi Kualifikasi Pendidikan membutuhakan waktu 3 x 24 jam. Khusus untuk pelamar dari eks TH K-II bisa mengisi data dengan memasukkan nomor registrasi atau nomor peserta ujian pada Seleksi CPNS 2013 Formasi Tenaga Honorer Kategori II sebelumnya.
  2. Lanjut ke tampilan 3, Mendaftar Formasi. Pertama, pilih instansi pada kolom yang tersedia. Catatan, apabila instansi yang dilamar belum muncul pada daftar, pelamar memeriksa kembali pengumuman instansi mengenai waktu pembukaan daftar instansi yang dilamar. 
  3. Pilih Jenis Formasi sesuai dengan formasi yang dibutuhkan oleh instansi. Pilihan Jenis Formasi dapat dilihat pada pengumuman instansi.
  4. Klik tombol Pilih dan form isian akan muncul. Pelamar boleh mengubah instansi dan formasi yang dipilih dengan klik ulang. Pemilihan Pendidikan yang muncul berdasarakan data vaidasi Kualifikasi Pendidikan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  5. Pilih Jabatan. Jabatan yang muncul disesuaikan dengan pendidikan dan/atau serdik.
  6. Pilih Lokasi Formasi.
  7. Isi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sesuai transkrip nilai. Misal, 3.21. Nilai IPK menggunakan tanda titik (.) dan dua desimal. Khsusus formasi lulusan SMA/sederajat, diisi sesuai nilai ijazah.
  8. Isi Nomor Ijazah.
  9. Isi Tahun Lulus sesuai dengan tahun lulus yang tercantum di ijazah.
  10. Isi Jenis Perguruan Tinggi  (Dalam Negeri atau Luar Negeri).
  11. Isi Tanggal Ijazah sesuai dengan tanggal ijazah diterbitkan.
  12. Untuk formasi,isikan nama Perguruan Tinggi (sesuai nama perguruaan tinggi yang tersedia atau sesuai  nomenklatur terbaru yang disediakan pada kolom). Khusus pelamar SMA/sederajat, isi bagian ini dengan Nama Sekolah sesuai dengan data sekolah di iajazah. 
  13. Isi Nama Perguruan Tinggi dan Nama Program Studi berikut data akreditasinya dari BAN-PT akan muncul secara otomatis. Jika Lembaga atau Program studi tidak tersedia data akreditasinya dari BAN-PT, maka pelamar bisa mengisi secara mandiri akrediptasi Lembaga atau Program Studinya (A, B, C, dan lainnya) sesuai data akpreditasi pada saat pelamar lulus.


Unggah Dokumen
Setelah melewati tahapan Memilih Jenis Seleksi dan Mendaftar Formasi,tahap berikutnya adalah Unggah Dokumen. Jenis dokumen yang diunggah berdasarakan persyaratan yang ditetapkan instansi yang dilamar. Pelamar harus membaca dengan teliti ketentuan administrasi dan dokumen yang akan diunggah. Status dokumen akan berubah menjadi Sudah diunggah jika proses unggah dokumen berhasil.

Sebagai catatan, pelamar harus teliti pada saat menggunggah dokumen seperti tipe dokumen dan ukuran dokumen yang dapat diunggah. Harap memeriksa dokumen yang sudah diunggah sebelum klik tombol selanjutnya.

Resume Pendaftaran SSCASN
Sesudah berhasil mengunggah dokumen, maka muncul halaman Resume. Silahkan dibaca dan dicek kembali kebenaran data-data yang sudah diisikan sebelumnya. Jika dirasa sudah benar,klik YA, lalu muncul halaman Final Resume. Perhatian, di tahap ini pelamar tidak bisa lagi mengubah data kembali. Selanjutnya, pelamar dapat mencetak Kartu Informasi Akun dan Kartu Pendaftaran SSCASN dengan mengklik Cetak Kartu Pendaftaran PPPK Guru.

2 comments

Assalamualaikum mohon maaf Pak izin bertanya, jika sudah menyelsaikan seluruh rangkaian pendaftaran di akun CASN kemudian sudah mengakhiri pendaftaran juga dan kartu sudah dicetak, proses selanjutnya bagaimana ya pak?? apa kita tinggal tunggu pengumuman saja?? terimaksih

A participant who ultimately lines up the jackpot symbols gets a proportion of each coin played. The first progressive machines had been self-contained — the jackpot was determined by how much that specific machine had been played because the that} final big hit. Today most progressives are linked electronically to other machines, with all credit played within the linked machines adding to a common jackpot. In most of the country, slot players can figure on a couple of 93 percent payout proportion, though payouts in Nevada run higher. — Keep in thoughts that these are long-term averages that may maintain up over a pattern of a hundred,000 to 300,000 pulls. Many slot players pump money into two or more adjoining machines at a time, but when the 클레오카지노 casino is crowded and others are having difficulty discovering locations to play, limit your self to one of} one|to 1} machine.


EmoticonEmoticon