Sunday, May 2, 2021

Apakah BSU Guru Hononer Tahap 2 Tahun 2021 Cair Lagi? Login Akun Info GTK untuk Cek Info BSU Gaji Guru Honorer

Photo by Calon Guru (Kanjeng Mariyadi Ngawi)


Mengutip Portalsulut.com, pemerintah tidak mengalokasikan anggaran bantuan subsidi gaji untuk pegawai pada tahun 2021.


Lantas, apakah bantuan subsidi gaji guru honorer tetap dilanjutkan di tahun 2021?


Di media sosial (medsos) heboh soal pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) guru honorer tahap kedua di tahun 2021 menjelang lebaran. 

"Semoga BSU di cair kan yaa biar bisa menambah masukan untuk lebaran,...." 


Apakah benar itu BSU guru honorer tahap 2 tahun 2021?


Untuk cek info BSU gaji guru honorer Kemendikbud login info.gtk.kemdikbud.go.id  dan login ke Simpatika untuk guru honorer Kemenag. Di laman Info GTK muncul pemberitahuan kepada guru honorer sebagai nominasi penerima BSU bagi PTK non-PNS Kemendikbud Tahun 2020 beserta informasi pencairan tahap 1. 


Perhatikan bahwa notifikasi untuk BSU tahun 2020. Jika rekan guru honorer mendapatkan BSU tahap kedua tahun 2021 seharusnya di notifikasi muncul tahun 2021. Ini ditegaskan juga dalam SK Bantuan Subsisdi Upah yang diterbitkan di tahun 2020 dan pencairan (tanggal masuk rekening) masih di tahun 2020.


Ada juga rekan guru honorer yang bertanya terkait Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Penerima Bantuan yang penanggalannya pada tahun 2021. Nah, untuk tanggal, bulan, dan tahun yang tercantum pada Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Penerima Bantuan ini sesuai dengan tanggal akses Info GTK. 


Dari kedua bukti di atas yakni tahun anggaran yang muncul pada notifikasi dan penanggalan SPTJM Penerima bantuan bisa dipastkan bahwa BSU Guru Honorer tahap kedua tahun 2021 masih menunggu keputusan pemerintah. 


Photo by Tribunnews .com


Melansir Tribunnews.com, pemerintah hingga saat ini belum menentukan nasib program Bantuan Subsidi Gaji atau Upah (BSU) di tahun 2021. Keberlanjutan kebijakan BSU di tahun 2021 masih tahap diskusi bersama tim Komite Pencegahan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN)


EmoticonEmoticon