Monday, May 3, 2021

5 Data Wajib Guru Honorer yang Harus Valid Sebelum Daftar PPPK 2021

Pendaftaran PPPK 2021


Rekrutmen 1 juta guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) rencananya akan dibuka akhir Juni 2021. Penerimaan 1 juta formasi guru PPPK menjadi angin segar bagi guru honorer yang belum berstatus sebagai aparatur sipil negara (ASN). Seperti kita ketahui ASN terdiri dari dua kategori yakni PNS dan PPPK, untuk itu bersiaplah para guru untuk mengikuti seleksi PPPK 2021.


Ada beberapa data wajib guru honorer yang harus valid sebelum daftar PPPK 2021. Silahkan rekan guru honorer simak di bawah ini dan semoga bisa membantu Ibu dan Bapak Guru.

1. Data pada Verval PTK

Data pada laman Verval PTK menjadi sangat penting sekali, karena data identitas PTK harus sama dengan data kependudukan Dukpcapil. Sebagai contoh, jika ditemukan nomor induk kependudukan yang dimasukkan pada aplikasi Dapodik tidak sama dengan yang tercatat pada data kependudukan Dukcapil, maka PTK yang bersangkutan harus melakukan perbaikan data pada Verval PTK sebelum mendaftar PPPK 2021.


2. Data Ijazah di SIVIL

Aplikasi sistem verifikasi ijazah secara elektronik (SIVIL) merupakan aplikasi secara online untuk cek keabsahan ijazah. Adapun alamat websitenya adalah di alamat https://ijazah.ristekdikti.go.id


Hal yang perlu Ibu dan Bapak Guru persiapkan dan ketahui kalau ingin melakukan Verval Ijazah adalah nama perguruan tinggi, nama program studi, dan nomor ijazah. Nah, bagi rekan guru honorer lulusan Universitas UT (UT) dapat melakukan Verval Ijazah di https://www.ut.ac.id/ijazah/index.php.


3. Data Alumni di PD DIKTI atau Forlap Dikti

Cek terdaftar sebagai alumni di laman https://pddikti.ristekdikti.go.id/ atau http://forlap.dikti.go.id/ diperlukan sebagai sumber rujukan untuk berbagai kepentingan seperti pendaftaran aparatur sipil negara, pencarian kerja, dan melanjutkan pendidikan. 


Hal yang perlu dipersiapkan kalau Ibu dan Bapak Guru yang ingin melakukan cek terdaftar sebagai alumni adalah nama perguruan tinggi, nomor induk mahasiswa (NIM), dan nama mahasiswa (alumni).


4. Data Keaktifan GTK di Aplikasi Dapodik

Bagi rekan guru honorer boleh meminta bantuan operator sekolah untuk mengecek penugasan atau memutahirkan data keaktifan guru setiap bulan. Data ini menjadi sangat penting karena portal seleksi SSCASN terintegrasi dengan aplikasi Dapodik.


5. Data Sertifikasi di Info GTK

Terkhusus bagi guru honorer yang memiliki sertifikat pendidik mendapatkan afirmasi berupa nilai penuh pada tes kompetensi teknis atau 100 poin. Untuk mengecek data sertifikasi dapat dilihat di laman Info GTK pada menu Status Data Kelulusan Sertifikasi Pendidik.


EmoticonEmoticon