Wednesday, March 31, 2021

Cara Publikasi Jurnal Nasional dengan Cepat dan Gratis 2021

Bagi seorang guru, dosen, atau mahasiswa kependidikan menerbitkan sebuah jurnal adalah satu keharusan. Khususnya bagi guru pada posisi pangkat IV/a akan naik pangkat ke IV/b, jurnal menjadi sangat penting, karena keberadaan jurnal menjadi wajib bagi guru.


Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis via Youtube @sainsfarmasi


Di dalam buku 4 pedoman kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dijelaskan bahwa kewajiban guru yang berpangkat IV/a yang mengumpulkan angka kredit untuk naik pangkat ke IV/b adalah menyusun publikasi ilmiah dalam bentuk satu laporan penelitian dan satu artikel ilmiah yang berbentuk jurnal. Berikut ini cara publikasi jurnal nasional dengan cepat dan gratis 2021.


Jurnal ilmiah ditulis berdasarkan hasil penelitian atau berdasarkan hasil kajian ilmiah. Simak cara publikasi jurnal nasional dengan cepat dan gratis 2021.


Ada beragam jenis penerbit jurnal dari rumpun ilmu pendidikan yang bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat pendidikan (guru, dosen, dan mahasiswa kependidikan).


Sekalipun ada beberapa jenis jurnal yang tidak bebas akses dan membutuhkan pembayaran terlebih dahulu. 


Pada umumnya ketika ingin menerbitkan jurnal dari hasil penelitian atau berdasarkan hasil kajian ilmiah di jurnal nasional akan dikenakan biaya apabila jurnalnya sudah terindeks Sinta dan atau sudah terakreditasi.


Tak hanya itu, jurnal terindeks di DOAJ juga akan mengharuskan pembayaran ketika ingin mempublikasikan tulisan di jurnal tersebut.


Namun, di luar jenis jurnal yang sudah terindeks maka ketika ingin menerbitkan jurnal tidak dipungut biaya. 


Inilah ulasan guruberto.com tentang cara publikasi jurnal nasional dengan cepat dan gratis 2021.


Jurnal nasional merupakan publikasi ilmiah secara berkala dalam bentuk artikel yang disusun sedemikian rupa dalam format jurnal yang bersifat nasional. Bersifat nasional artinya mendapat pengakuan, telah terakreditasi dari lembaga berwenang seperti Kemenristekdikti.


Sesungguhnya dalam penerbitana jurnal tidak ada istilah cepat dan istilah lambat. Karena setiap jurnal memiliki aturan sendiri.


Ada jurnal yang hanya butuh waktu 3 - 4 bulan saja sudah terbit. Sementara itu, ada pula yang sampai lebih dari setahun baru dipublikasikan.


Penyebabnya karena makin berkualitas jurnal maka akan semakin teliti dan hati-hati para penelaah atau mitra bestari dalam mengoreksi jurnal yang akan dipublikasikan.


Ada juga beberapa faktor pendukung agar jurnal yang telah disubmit ke suatu lembaga atau pengelola jurnal cepat diterbitkan.


1. Karya yang dibuat asli

Jurnal yang dibuat (hasil penelitian adan atau kajian ilmiah) benar-benar merupakan karya alis penyusunnya, bukan merupakan plagiat/jiplakan, atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur.


2. Mengikuti pedoman penulisan jurnal

Setiap pengelola jurnal memiliki aturan dan format dalam penulisan jurnal yang berbeda-beda. Harus disesuaikan dengan pedoman penulisan jurnal yang ada mulai dari template jurnal, sistematika penulisan,  tata cara penulisan dan lain-lain.


3. Kirim jurnal sesuaikan dengan bidang ilmu yang relevan dengan dengan isi tulisan

Ketika isi tulisan tentang pembelajaran IPA maka sudah seharusnya mengirim tulisanke penerbit yang di bidang pembelajaran IPA bukan pada bidang pembelajaran IPS.


4. Topik yang dibahas unik dan terbaru

Keunikan dan kebaruan yang seusai dengan isu-isu kunci dan tren penelitian pendidikan menjadi peertimbangan dari pihak pengelola jurnal. Karena ketika topik yang dibahas baru maka pihak pengelola jurnal sudah dapat memprediksi bahwa tulisan itu akan banyak yang membacanya.


Berikut cara publikasi jurnal nasional dengan cepat dan gratis 2021.

a. Cari di mesin pencari (search engine) 'open journal system'

b. Pilih salah satu alamat webiste jurnal yang muncul dan cocokkan dengan isi tulisan yang akan disubmit

c. Kontak pihak pengelola jurnal yang bersangkutan.

d. Kirim jurnal secara daring

e. Silahkan menunggu konfirmasi dari pihak pengelola jurnal apakah ada perbaikan atau tidak.

f. Jika tidak ada lagi perbaikan, tulisan sudah diterbitkan untuk diakses masyarakat.


Nah, itulah tadi cara cara publikasi jurnal nasional dengan cepat dan gratis 2021. Semoga bermanfaat. 

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon