Tuesday, March 22, 2022

Cara Cek dan Unduh Rapor Pendidikan (Hasil Asesmen Nasional)

Tags

Cara Unduh Rapor Pendidikan Tahun 2022

Dilansir dari laman raporpendidikan.kemdikbud.go.id, Rapor Pendidikan merupakan penyempurnaan dari Rapor Mutu yang berisi data kualitas satuan pendidikan atau daerah. Data ini didapat dari berbagai asesmen atau survey nasional, dan berfungsi sebagai bahan refleksi serta dasar perencanaan untuk peningkatan kualitas. Dengan demikian, Rapor Mutu yang dirilis oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) setiap tahunnya digantikan oleh Rapor Pendidikan. 

Ada dua Ringkasan Kualitas Pendidikan di Satuan Pendidikan yang dimuat dalam Rapor Pendidikan yakni Mutu Hasil Belajar Peserta Didik dan Iklim Keamanan dan Iklusivitas di Satuan Pendidikan.

Contoh Ringkasan Kualitas Pendidikan di Satuan Pendidikan

Mutu Hasil Belajar Peserta Didik
Mutu Hasil Belajar Peserta Didik menggambarkan kemampuan literasi, kemampuan numerasi dan Indeks Karakter (nilai-nilai karakter dalam Profil Pelajar Pancasila yaitu berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, kreatif, bernalar kritis dan berkebhinekaan global). Mutu Hasil Belajar Peserta Didik didapat dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survey Karakter.

Iklim Keamanan dan Inklusivitas di Satuan Pendidikan
Iklim Keamanan dan Iklusivitas di Satuan Pendidikan meliputi Iklim Keamanan, Kesetaraan Gender, Kebhinekaan, dan Iklim Inklusivitas. Data ini didapat dari Survey Lingkungan Belajar. 

Selain mengetahui gambaran umum kualitas di satuan pendidikan, Bapak, Ibu Guru juga mempelajari lebih lanjut data penjabaran dari masing-masing indikator.

Langkah-langkah Cek dan Unduh Rapor Pendidikan
Bapak,Ibu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk cek dan unduh Rapor Pendidikan di Satuan Pendidikan:
1. Membuka web Rapor Pendidikan di laman raporpendidikan.kemdikbud.go.id. Lalu, klik tombol "Masuk dengan akun belajar.id"
2. Masuk menggunakan akun admin belajar.id yaitu, kepala sekolah atau tenaga kependidikan (bukan akun guru)  .
3. Muncul Ringkasan Kualitas Pendidikan Satuan Pendidikan.
4. Untuk mengunduh Rapor Pendidikan dalam format Microsoft Excel, silahkan Bapak, Ibu klik tombol "Unduh"

Cara Mengunduh Rapor Pendidikan

1 comments so far


EmoticonEmoticon