Tuesday, September 14, 2021

Download Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 5 SD/MI

Tags

Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 5 SD

Salah satu kompetensi hasil belajar peserta didik yang diukur pada asesmen nasional mulai tahun 2021 adalah literasi membaca dan numerasi, yang disebut sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) (Kemendikbud, 2020). 

Kompetensi mendasar numerasi yang diukur mencakup keterampilan logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan matematika yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi kuantitatif dan spasial. Peserta didik akan diuji kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai konteks yang relevan dengan mereka sebagai warga Indonesia dan warga dunia.

Komponen AKM numerasi selain mencakup konten (bilangan, pengukuran, dan geometri, data dan ketidakpastian, dan aljabar) juga melibatkan proses kognitif, yaitu pemahaman, penerapan, dan penalaran. Peserta didik diharapkan memahami fakta, prosedur, serta alat matematika yang dapat digunakan di dalam penyelesaian masalah. Selain itu, mereka mampu menerapkan dan bernalar dengan konsep matematika dalam situasi nyata, baik yang bersifat rutin maupun nonrutin, dalam berbagai konteks (personal, sosial budaya, dan saintifik).

Kemampuan bernalar secara logis adalah keterampilan yang diharapkan dikuasai peserta didik dari proses membaca dan menanggapi bacaan. Hasil AKM diharapkan dapat memberikan informasi tentang peta kecakapan literasi peserta didik agar guru dapat melakukan pengamatan untuk mengembangkan kemampuan bernalar mereka.

Penguatan literasi ini tentunya tidak semata bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi AKM. Guru mengembangkan keterampilan bernalar peserta didik agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat yang mampu menghadapi tantangan hidup abad ke-21.

Modul Belajar Literasi dan Numerasi bagi siswa SD kelas 5 ini dikembangkan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) berisi aktivitas pembelajaran yang kontekstual yang dapat dilakukan siswa di rumah bersama orang tua dan anggota keluarga lainnya. Modul ini diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi pada berbagai mapel. Selain itu, kita juga dapat mengunduh Modul Pendamping Bagi Guru Kelas dan Modul Pendamping Bagi Orang Tua.

Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 5 Minggu 1 (Download)
Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 5 Minggu 2 (Download)
Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 5 Minggu 3 (Download)
Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 5 Minggu 4 (Download)
Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 5 Minggu 5 (Download)


Demikian postingan terkait Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 5 yang dapat Bapak, Ibu Guru Kelas gunakan untuk mendesain pembelajaran berbasis AKM di sekolah. Selamat mencoba. 

2 comments

Is it for stupid student because the title is using word "minimum"


EmoticonEmoticon