Tuesday, September 7, 2021

Contoh Soal UTS IPA Berbasis AKM Untuk Kelas 8 SMP/MTs Semester 1

Tags

UTS IPA Berbasis AKM

Pada prinsipnya AKM mengukur kemampuan bernalar dalam membaca dan matematika. Soal-soal yang digunakan terkait dengan HOTS, Higher Order Thinking Skills, mirip dengan soal pada program penilaian pelajar internasional (PISA). 

Soal AKM tidak dirancang berdasarkan kompetensi dasar (KD) di tiap mapel. Soal AKM bersifat interdisipliner (menggunakan berbagai sudut pandang antar mapel secara terpadu). Satu soal AKM bisa mencakup beberapa mapel. Satu konsep bisa terhubung dan berkesinambungan ke konsep yang lain. Misal, pada konsep IPA (Fisika) bisa terhubung dengan konsep Matematika.

Berikut ini guruberto.com sajikan contoh soal penilaian tengah semester (PTS) atau ulangan tengah semester berbasis AKM untuk kelas 8 SMP/MTs IPA Semester 1 khususnya materi Gerak Benda dan Mahluk Hidup di Lingkungan Sekitar.

Batas Kecepatan Sepeda Motor Saat di Tikungan Tajam
Saftey riding merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan perilaku pengendara sepeda motor dan kondisi berkendara yang ideal, teknik berkendara serta level keamanan terhadap diri sendiri dan orang maupun orang lain. Namun sayangnya, fakta di lapangan berkata lain. Sebagian pengendara sepeda motor masih kurang paham tentang teknik berkendara yang aman. Diantaranya batas aman kecepatan saat akan berbelok di tikungan tajam.
Berkendara di tikungan tajam

Hal yang paling penting untuk melewati tikungan dengan aman adalah pastikan batas kecepatan dan pandangan yang selalu ke depan. Ha itu bertujuan untuk memastikan kondisi jalan dan lingkungan sekitar.

Ketika menikung, bagian roda yang menempel dengan permukaan jalan akan menjadi lebih sedikit ketimbang dengan saat berjalan lurus. Oleh karena itu, hindari penambahan atau pengurangan kecepatan secara mendadak pada saat menikung.  Kecepatan yang aman saat di tikungan tajam berkisar antara 30 - 40 km/jam.

Berapa kecepatan aman saat di tikungan tajam dalam SI?
A. 3 m/s - 4m/s
B. 8,33 m/s - 11 m/s
C. 30 m/s - 40 m/s
D. 83,3 m/s - 110 m/s

Gaya apa yang menyebabkan roda sepeda motor dapat berhenti saat direm?
A. Gaya gesek, gaya yang arahnya sama dengan arah gerak sepeda motor
B. Gaya gesek, gaya yang arahnya berlawanan dengan arah gerak sepeda motor
C. Gaya mesin, gaya yang arahnya sama dengan arah gerak sepeda motor
D. Gaya mesin, gaya yang arahnya berlawanan dengan arah gerak sepeda motor

Beri tanda silang pada huruf B (benar) atau S (salah) sesuai dengan pilihan saudara terkait batas kecepatan sepeda motor di tikungan tajam.
B - S  Penambahan atau pengurangan kecepatan disebut dengan percepatan.
B - S Seorang pengendara motor boleh mengendarai sepeda motor di tikungan tajam dengan kecepatan 10 m/s.

Pak Bambang menaruh gelas terbuka berisi minuman pada tempat khusus yang tersedia dalam mobil yang dikemudikannya. Ketika mobil sedang melaju cukup kencang, tiba-tiba Pak Bambang terpaksa mengerem, menghindari tabrakan dengan mobil yang berhenti mendadak di depannya. Tempat khusus gelas ternyata dapat menjaga posisi gelas hingga tidak berubah. Apa yang akan terjadi pada cairan minuman yang masih hampir penuh dalam gelas Pak Bambang?

Ilustrasi minuman dalam gelas

A. Minuman akan tumpah ke arah posisi nomor 1
B. Minuman akan tumpah ke arah posisi nomor 2
C. Minuman akan tumpah ke segala arah
D. Minuman tidak tumpah, permukaannya tetap mendatar.


Perjalanan Menuju Sekolah Timber Creek
Seorang guru SMP mengendarai mobil dari kota Darwin ke sekolah Timber Creek. Peta di bawah ini menunjukkan jarak perjalanan dan rute perjalanan.

Peta Perjalanan

Guru SMP berangkat dari kota Darwin pada pukul 08.30 dan berkendara selama 3 jam 10 menit ke kota Katherine. Sesudah beristirahat selama 45 menit, Guru SMP melanjutkan perjalanan dari kota Katherine ke sekolah Timber Creek. Maka kapan Guru SMP tiba di sekolah Timber Creek?
A. pukul 15.35
B. pukul 16.20
C. pukul 17.35
D. pukul 18.20 
 
Demikianlah contoh soal penilaian tengah semester (PTS) atau ulangan tengah semester berbasis AKM untuk kelas 8 SMP/MTs IPA Semester 1 Semoga bermanfaat. 


EmoticonEmoticon