Thursday, September 2, 2021

Contoh AKM Numerasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP

Tags

AKM Numerasi IPA SMP

Hai Bapak, Ibu Guru mata pelajaran IPA! Pada postingan kali ini, guruberto.com akan membahas contoh soal AKM Numerasi pada mata pelajaran IPA jenjang SMP. Postingan ini adalah lanjutan postingan sebelumnya tentang cara membuat soal AKM di mata pelajaran

Bapak, Ibu Guru kita ketahui bersama bahwa soal AKM tidak dirancang berdasarkan kompetensi dasar (KD) di tiap mapel. Soal AKM bersifat interdisipliner (menggunakan berbagai sudut pandang antar mapel secara terpadu). Satu soal AKM bisa mencakup beberapa mapel. Satu konsep bisa terhubung dan berkesinambungan ke konsep yang lain. Misal, pada konsep IPA (Fisika) bisa terhubung dengan konsep Matematika.

AKM Numerasi merupakan soal AKM yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta,dan alat matematika untuk menyelesaikan kehidupan sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia Berikut ini guruberto.com sajikan contoh soal AKM Numerasi pada mata pelajaran IPA di kelas 7 dan 8 SMP. 

Triathlon Pelajar
Triathlon adalah sebuah lomba yang mengkombinasikan tiga cabang olahraga, yang harus diselesaikan secara berurutan. Meski cabang olahraga yang dilombakan cukup bervariasi, biasanya tiga cabang olahraga yang dilombakan dalam triathlon adalah berenang, bersepeda,dan berlari.

Triathlon Pelajar

Berikut ini adalah jarak lintasan berenang, bersepeda,dan berlari dari triathlon pelajar. Jarak lintasan berenang adalah 75 m, jarak lintasan bersepeda adalah 3 km, dan panjang lintasan jarak pendek 500 m.

Pertanyaan
Beri tanda silang pada huruf B (benar) atau  (salah) sesuai dengan pilihan saudara terkait triathlon pelajar.

1. B - S  Jarak lintasan berenang adalah 0,75 km.
2. B - S  Total lintasan dalam triathlon pelajar adalah 3575 meter

Perjalanan Menuju Sekolah Timber Creek
Seorang guru SMP mengendarai mobil dari kota Darwin ke sekolah Timber Creek. Peta di bawah ini menunjukkan jarak perjalanan dan rute perjalanan.

Peta Perjalanan

Pertanyaan
Manakah rute terbaik berdasarkan peta perjalanan di atas?
A. Melalui jalan raya 1 ke arah tenggara, lalu berbelok ke kiri di kota Katherine dan tetap di jalan raya 1
B. Melalui jalan raya 1 ke arah barat daya, lalu berbelok ke kiri di kota Katherine dan tetap di jalan raya 1
C. Melalui jalan raya 1 ke arah tenggara, lalu berbelok ke kanan di kota Katherine dan tetap di jalan raya 1
D. Melalui jalan raya 1 ke arah barat daya, lalu berbelok ke kanan di kota Katherine dan tetap di jalan raya 1

Guru SMP berangkat dari kota Darwin pada pukul 08.30 dan berkendara selama 3 jam 10 menit ke kota Katherine. Sesudah beristirahat selama 45 menit, Guru SMP melanjutkan perjalanan dari kota Katherine ke sekolah Timber Creek. Maka kapan Guru SMP tiba di sekolah Timber Creek?
A. pukul 15.35
B. pukul 16.20
C. pukul 17.35
D. pukul 18.20 
 
Demikianlah contoh soal AKM Numerasi pada mata pelajaran IPA khususunya di kelas 7 dan 8 SMP Semoga bermanfaat. 


EmoticonEmoticon