Sunday, September 26, 2021

Apa Itu AKM Kelas dan Bagaimana Penerapannya di Kelas?

Tags

AKM Kelas

Mulai tahun 2021 ini,  Asesmen Nasional (AN) akan digelar di semua jenjang. Namun demikian, tidak semua peserta didik ikut AN 2021 ini. Singkatnya, AN yang juga sekaligus pengganti ujian nasional berbeda dengan UN. 

Salah satu bagian dari AN 2021 adalah Asesmen Komptensi Minimum (AKM). Sebagai bagian dari AN, AKM bertujuan untuk mengevaluasi mutu sistem pendidikan. 

Adapun hasil AKM dari tingkat sekolah maupun madrasah, Kabupaten/Kota, Provinsi bahkan nasional tidak melaporkan hasil tiap individu di sekolah maupun madrasah. Oleh karena itu, Kemendikbudristek melalui Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) mencanangkan AKM Kelas guna membantu guru dalam memahami kompetensi literasi dan numerasi setiap individu peserta didik.

Lantas, seperti apa AKM Kelas dan bagaimana penerapannya di kelas. Dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbudristek, ini penjelasannya? Setiap sekolah maupun madrasah secara mandiri menjadwalkan, menentukan mekanisme pelaksanaan, dan menetapkan peserta AKM Kelas.


Kemendikbudristek memberi kebebasan pada guru dalam melaksanakan AKM Kelas sekaligus mengolah hasilnya agar sesuai dengan kebutuhan di sekolah maupun madrasah. Tak hanya itu, guru diberikan kebebasan menentukan jumlah dan peserta AKM Kelas dibagi dalam 6 (enam) level. Untuk jenjang SMP masuk dalam level 4 (kelas 7 - 8) dan level 5 (kelas 9 - 10). Setiap level disediakan paket asesmen membaca dan matematika yang berbeda tingkat kesulitannya. 

Tentunya dengan melaksanakan AKM Kelas, guru dapat mendiagnosa capaian setiap individu peserta didik dalam kompetensi literasi dan literasi matematika. Ada 4 (empat) tingkat kompetensi literasi dan kompetensi matematika, yaitu perlu intervensi khusus, dasar, cakap, dan mahir. Semua guru mata pelajaran dapat memanfaatkan AKM Kelas untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik. 

AKM Kelas dapat dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi AKM Kelas yang harus diunduh terlebih dulu melalui komputer berbasis windows atau ponsel berbasis andorid pada https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akmkelas/

Aplikasi ini dapat dijalankan dengan mode semi daring sehingga tidak membutuhkan jaringan internet selama pelaksanaan asesmen.

Baca juga: 

Fitur yang terdapat dalam apilkasi AKM Kelas antara lain:
  • mengunduh paket soal
  • menentukan peserta
  • menjadwalkan
  • melaksanakan
  • mengolah hasil AKM Kelas
Untuk menjalankan aplikasi AKM Kelas, proktor harus melakukan setelan terlebih dulu dengan memberi akses kepada guru untuk mengakses berbagai fitur pada aplikasi AKM kelas baik di komputer atau gawai. Berikut ini guruberto.com bagikan Panduan AKM Kelas. Semoga bermanfaat.


 
Baca juga artikel terkait survei lingkungan belajar untuk guru dan kepala sekolah atau tulisan menarik lainnya di guruberto.com.


EmoticonEmoticon