Sunday, August 15, 2021

Tips dan Trik Mengerjakan Soal AKM yang Benar

Tags

Mengerjakan Soal AKM

Asesmen Nasional atau AN sebentar lagi. Asesmen Nasional dilaksanakan menggunakan komputer atau secara daring (online). Dilansir dari Paparan Teknis Asesmen Nasional (AN), pelaksanaan Asesmen Nasional yang meliputi AKM (tes literasi dan tes numerasi), survey karakter dan survey lingkungan belajar direncanakan di bulan September - Oktober 2021. Asesmen Nasional untuk kelas 11 SMK akan digelar dari tanggal 6 s.d. 9 September 2021. 

Sementara, kelas 11 SMA/MA akan mengikuti Asesmen Nasional dari tanggal 13 s.d. 16 September 2021. Lalu, untuk kelas 8 SMP/MTs dan kelas 5 SD/MI dilaksanakan pada tanggal 27 s.d. 30 September 2021. 

Khusus terkait dengan AKM, soal AKM ini sangat berbeda dengan soal Ujian Nasional (UN), lho, sehingga murid butuh strategi yang tepat untuk menjawab soal. Bentuk soal AKM antara lain: 1) Pilihan Ganda (PG), 2) Pilihan Ganda Kompleks, 3) menjodohkan, 4) isian singkat, dan 5) uraian. Tiap soal memiliki karakteristik yang khas, kesulitan, dan kompleksitas yang berbeda, bergantung pada level kognitif apa yang akan diukurnya. 

Soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks dan uraian sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skilss-HOTS). Sementara itu, soal menjodohkan dan isian singkat cocok untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat rendah (Lower Order Thinking Skill-LOTS). 

Soal pilihan ganda meminta murid untuk memilih satu jawaban benar dari tiap soal. Soal pilihan ganda kompleks membolehkan murid untuk memilih lebih dari satu jawaban, soal menjodohkan meminta murid menjwab dengan cara mencocokkan, menyesuaikan, menghubungkan (tarik garis) antara pertanyaan dengan jawabannya atau gambar dengan informasi yang sesuai. 

Soal isian singkat meminta murid untuk menjawabnya dengan singkat, pada dan jelas. Jawaban yang disikan berupa waktu (hari, tanggal, bulan, atau tahun), nama tempat, nama peristiwa, nama tokoh, nama benda, nama warna, ciri tertentu, dsb. Soal uraian meminta siswa untuk menjawab dengan uraian yang cukup panjang dan jelas, tetapi tidak bertele-tele. Meskipun murid diberikan kebebasan dalam menjawab soal uraian, tetapi diupayakan logis dan rasional dilengkapi dengan argumen, data, dan fakta pendukung. 

Agar bisa mudah mengerjakan soal AKM, murid perlu melakukan beberapa kebiasaan penting yang mendukung. Selain membiasakan diri dengan AKM, berikut ini Guru Berto bagikan tips dan trik mengerjakan soal AKM yang benar. 
1. Membaca dan memahami stimulus
Soal AKM adalah soal yang bertujuan untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa. Pada umumnya, AKM termasuk jenis soal HOTS-Higher Order Thinking Skills (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi). Oleh karena itu, soal AKM disertai dengan stimulus yang menjadi penghantar soal AKM tersebut. Stimulus soal AKM bisa berupa teks fiksi (cerpen, puisi, pantun), berita atau informasi, deskripsi kasus, gambar, grafik, tabel, dsb. 

Stimulus dapat dijadikan sebagai sumber atau referensi yang dikaitkan dengan soal-soal yang harus dijawab siswa. Beberapa jenis soal AKM bisa dimunculkan dengan mengacu pada satu stimulus yang sama atau masing-masing soal memiliki stimulus yang berbeda.

2. Melakukan penalaran (reasoning skills)
Soal AKM atau soal HOTS menuntut anak untuk bernalar bukan hanya menghafal, mengingat, dan menjawab. Penting untuk diketahui, tidak setiap jawaban dari pertanyaan tersebutnya khususnya pada soal AKM atau HOTS bisa ditemukan pada stimulus, tetapi data dan informasi pada stimulus perlu diidentifikasi, dianalisis, dibandingkan, dan disimpulkan sehingga murid dapat menemukan jawabannya sendiri dengan memanfaatkan data-data yang ada pada stimulus. Misal, murid diminta untuk membandingkan antara dua objek atau lebih, menemukan persamaan atau perbedaan dari sebuah benda, menganalisis sebuah fenomena/peristiwa, hingga mengevaluasi dan menyimpulkan inti dari sebuah stimulus berupa teks bacaan.

3. Mengulang sampai mengerti
Bagi murid yang belum terbiasa mengerjakan soal tipe HOTS, murid dapat mengulang-ulang sampai mengerti betul apa yang dibacanya khususnya pada bagian stimulus dan maksud pertanyaan. 

4. Tidak tergesa-gesa dan konsentrasi
Dalam mengerjakan soal AKM dibutuhkan konsentrasi dan ketelitian, tanpa konsentrasi dan ketelitian soal yang dikerjakan terasa berat dan mengakibatkan kesalahan dalam menjawab soal. Hindari sikap tergesa-gesa. Mengerjakan soal dengan teliti dimulai dari membaca stimulus dengan saksama, mengerjakan soal yang kamu mampu terlebih dulu dan jangan lupa untuk mengeceknya kembali sebelum mengakhiri tes. 

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk mengerjakan soal AKM dengan benar. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan.***

3 comments

Bermanfaat sekali pak guru Berto

yang diikutsertakan itu kelas 11 untuk smk-sma bukan kelas 10, pelaksanaannya itu tgl 20-23 sept untuk smk, kalau kasih berita jangan asal jeblag aja dong, isi beritanya harus benar dan akurat, asal-asalan iiih,

Terima kasih untuk koreksinya toha.hasnyi@gmail.com. Redaksi kata kelas 11 SMA/SMK, kelas 8 SMP, dan kelas 5 SD sudah kami ubah.


EmoticonEmoticon