Sunday, July 25, 2021

Mengenal Slido dan Cara Menggunakannya

Tags

Dengan Slido, Diskusi Interaktif Jadi Mudah

Slido adalah platform tanya jawab dan pollling yang meningkatkan komunikasi dan interaksi dalam rapat ataupun pembelajaran. Presenter atau admin dapat mengumpulkan pertanyaan, menjalankan pollling langsung atau survei untuk mendapatkan wawasan dari audiens atau peserta.

Admin atau Presenter
Langkah-langkan menjalankan slido dalam presentasi, yaitu:
1) Kunjungi laman slido di https://www.sli.do/


2) Lalu klik log in, dan masuk menggunakan akun google.

3) Setelah muncul akun slido, maka pilih Create Slido.

4) Setelah itu pada bagian event name isi judul pertanyaan dan di bagian start date dan end date buat jadwal untuk menayangkan pertanyaan. Setelah disetting, tekan tombol Create Slido. Kita juga dapat mengundang peserta melalui fitur Invite Collaborators dengan memasukkan email peserta.

5) Setelah muncul tampilan seperti ini, kita memilih jenis pertanyaan. Misalnya, kita membuat pertanyaan terbuka silahkan pilih Open text


6) Lalu buat pertanyaan yang akan diberikan kepada peserta. 

7) Kemudian tekan tombol Save. Setelah itu kita dapat menampilkan pertanyaan yang sudah dibuat sebelumnya.

8) Untuk menampilkan slido, dapat menekan tanda panah play di bagian pertanyaan yang dibuat. Kemudian klik Present  di bagian kanan atas maka code event atau kode pertanyaan akan muncul, selanjutnya kode ini kita berikan kepada peserta sehingga peserta dapat bergabung untuk menjawab pertanyaan. Kita juga dapat membagikan tautan dari pertanyaan ini dengan menggunakan fitur Share melalui Share link with participants

Peserta
Nah, bagi Bapak, Ibu yang hanya menjadi audiens atau peserta boleh membuat akun tidak. Hanya cukup mengunjungi laman Slido di laman slido di https://www.sli.do/ dan memasukkan code event atau kode #... ... (kode pertanyaan terdiri dari enam angka). Cukup mudah bukan cara menggunakan slido?

Pada Q & A atau Question and Answer, audiens atau peserta dapat bertanya pada presenter (narasumber) secara langsung, dan siapapun boleh menjawab. 

Mudah-mudahan postingan kali ini bermanfaat bermanfaat dan selamat mencoba!


EmoticonEmoticon