Tuesday, July 6, 2021

12 Keterampilan Yang Harus Dikuasai Oleh Pelajar

Ilustrasi pembelajaran abad 21


Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh para pelajar di abad 21 adalah dinamisnya dunia kerja dengan banyaknya profesi baru yang tidak pernah ada dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Kenyataan ini harus bisa ditangkap baik oleh pelajar maupun guru, agar bisa menyiapkan generasi masa depan yang siap menggeluti berbagai macam profesi baru yang muncul karena perkembangan teknologi yang sangat pesat.

Ada duabelas keterampilan yang harus dikuasai oleh pelajar, agar ia bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman yang sangat pesat. Kedua belas keterampilan itu adalah berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, literasi informasi, literasi media, literasi teknologi, keluwesan, kemampuan pemimpin, inisiatif, produktivitas, dan keterampilan sosial. 

Dua belas keterampilan dasar ini, bisa dikategorikan ke dalam tiga bidang yaitu keterampilan belajar, keterampilan literasi,dan keterampilan hidup dan berkarir. 

Keterampilan belajar
Dalam bidang keterampilan belajar, pelajar harus menguasapi keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi. Keempat keterampilan dasar ini sangat diperlukan pelajar dalam beradaptasi dengan cara belajar masyarakat yang terbuka terhadap perubahan.

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan menganalisis masalah, kemudian berpikir secara mendalam dan menemukan alternatif solusi. Sedangkan kreativitas adalah kemampuan mencipta sesuatu hal yang baru yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Selain itu kemampuan komunikasi juga akan memberikan kemudahan dalam mengutarakan ide dan pendapatnya di dalam diskusi atau dituangkan dalam bentuk tulisan. Yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk berkolaborasi (bekerja sama) dengan orang lain, karena hal itu akan sangat berguna ketika memasuki dunia kerja. 

Keterampilan literasi
Dalam bidang keterampilan literasi, pelajar harus menguasai kemampuan literasi informasi, literasi media, dan literasi teknologi. Ketiga kecakapan dasa ini penting karena dalam perubahan pola komunikasi yang terjadi di era digitalisasi dewasa ini telah menjadikan arus informasi mengalir begitu deras dan cepat, banyak sekali informasi sampah, bahkan informasi racun yang merusak pemahaman dan minda pelajar.

Oleh karena itu dengan melek literasi informasi, media dan teknologi, pelajar dapat menyaring dan memilah berbagai macam informasi yang ia dapatkan. Sehingga ia tidak mudah terpengaruh oleh informasi palsu atau informasi unfaedah. Keterampilan literasi itu juga akan sangat berguna di masa depan terutama di dunia kerja.

Keterampilan hidup dan berkarir
Yang terakhir adalah keterampilan hidup dan berkarir yang terdiri dari keluwesan, kemampuan pemimpin, inisiatif, produktivitas, dan keterampilan sosial. Lima keterampilan ini sangat dibutuhkan oleh pelajar saat meniti karir di masa depan. Terutama menghadappi berbagai masalah dan tantangan yang menghampiri kehidupan.

Dunia modern lebih kompleks dari sebelumnya, oleh karena itu pelajar dituntut memiliki kemampuan beradaptasi dengan berbagai perubahan yang ada, hal ini juga sepatutnya diiringi dengan kemampuan pemimpin dalam berbagai kelompok, organisasi atau tempat kerja, sehingga suatu saat pelajar akan siap menghadapi tantangan apapun menghadangnya. 

Sedangkan produktivitas adalah kemampuan untuk selalu berkarya menghasilkan sesuatu. Dengan membiasakan pelajar untuk menghasilkan sebuah karya, kita sedang melatih mereka untuk terbiasa mandiri dan mengandalkan usaha sendiri dalam menghasilkan sebuah karya.

Selanjutnya adalah inisiatif yaitu keterampilan untuk berani memulai. Dengan demikian anak terbiasa memiliki keberanian untuk tampil pertama sebelum orang lain. Hal ini sangat berguna untuk mereka ketika masuk dalam sebuah komunitas atau organisasi. Yang terakhir adalah keterampilan sosial yaitu seni membina hubungan dengan berbagai orang dari latar belakang yang berbeda-beda, baik agama, etnis, atau status sosial.

Kemampuan ini akan membuat pelajar bisa bergaul dan berteman pada lingkungan baru. Percuma jika ada anak pintar dengan segudang prestasi tetapi tidak memiliki kemampuan bersosialisasi dengan orang lain. Ia akan terkurung pada dunianya sendiri, sedangkan di zaman modern saat ini kita dituntut untuk dapat menjalin relasi dengan siapa saja bahkan orang asing, karena dunia seperti sudah menyatu.

6 comments

Mantaaaap.... Bunda share ya, Bunda bagikan ke group belajar anak-anaknya bunda ya. Thanks untuk tulisan-tulisannya

Sangat bermanfaat bagi pelajar se-Indonesia. Ijin memberikan penilaian tugas kepada peserta belajar menulis binaan saya pak Guru. Agar anak-anak memiliki budaya baca dan budaya menulis seperti Pak Guru Berto. (Bunda Lilis Sutikno - Penulis Surabaya)

👍 (Neifa Dinati penulis Surabaya)

sangat bermanfaat 🙏🏻
(Nasywa Mumtaz - Penulis Surabaya)

Ketrampilan untuk bangkit kembali ketika mengalami kegagalan

Terimakasih cerita indahnya kak 🤩 ( Talitha - Penulis Surabaya )


EmoticonEmoticon