Sunday, June 20, 2021

Pendidikan Karakter dari Seorang Ayah

Peringatan Hari Ayah Sedunia 2021


"Satu ayah lebih berharga dari 100 guru di sekolah
--- George Herbert ---

Mengawali tulisan ini, saya akan menceritakan tentang seorang ayah yang terpisah lama dengan anaknya. Karena suatu hal, sang anak kabur dari rumah dan sang ayah sudah mencarinya selama berbulan-bulan tanpa hasil. Akhirnya muncullah ide dari sang ayah, memasang iklan di surat kabar besar dan terkenal di ibu kota.

"Pato sayang temui aku di depan kantor surat kabar ini, jam 12 siang hari sabtu ini. Semua sudah aku ampuni, aku mengasihimu nak". Demikian isi iklan dari sang ayah. Lalu hari yang ditunggu pun tiba, ternyata ada 800 orang bernama Pato berkumpul mencari pengampunan dari seorang ayah yang penuh kasih.

Mengutip laman pendidikankarakter.com, orang yang bertumbuh tanpa kasih sayang seorang ayah akan tumbuh dengan kelainan perilaku, kecenderungan bunuh diri, dan menjadi pelaku kejahatan yang kejam. Lebih jauh lagi, sekitar 70 persen para penghuni penjara yang mendapat hukuman seumur hidup adalah orang yang bertumbuh tanpa ayah atau tanpa kedekatan emosional dengan ayahnya.

Ada 2 rahasia sukses dari seorang ayah yang bisa diwariskan kepada anaknya. Apa itu?

Pelajaran untuk bertahan hidup
Kita bisa mendapatkan pelajaran yang sangat kompleks tentang bertahan hidup dari seorang ayah. Mengapa dikatakan kompleks? Karena banyak hal yang perlu 'dijaga' keseimbangannya dalam hidup.

Di lingkungan keluarga, bagaimana peran ayah dalam keluarga, memperlakukan ibu kita, yang nantinya akan kita contoh dan duplikasi kepada pasangan kita.

Menghadapi masalah perilaku anak, yang nantinya kita lakukan juga pada anak kita. Harap diingat! Menjadi orang tua tidak ada sekolahnya, kita hanya mencontoh apa yang orang tua kita lakukan pada kita. Menyoal ekonomi alias keuangan, bagaimana ayah berjuang memenuhi kebutuhan keluarga. Dalam hal bertahan hidup kita bisa dapatkan dari seorang ayah.

Masalah karir
Jika kita ingin sukses finansial dan sukses berkarir, maka perbaiki hubungan kita dengan ayah (bagi yang sudah dewasa), dan bagi ayah muda bangun relasi yang baik dengan anak anda. Kenapa? Karea kemampuan berkarir dan urusan bekerja 'diturunkan' dari seorang ayah.

Nah, sekarang kita tahu bahwa relasi yang baik sangat membantu sang anak untuk bertahan hidup dan sukses berkarir di kemudian hari saat dia memasuki dunia kerja. Selamat membangun relasi orang tua-anak. 

Selamat Hari Ayah Sedunia, 20 Juni 2021.

2 comments

Jadi Melo kalo ingat bapak drumah
Aniway selamat hari ayah juga buat pak Berto ya...

Terima kasih untuk ucapan selamat hari ayah sedunia


EmoticonEmoticon