Monday, June 14, 2021

Guru adalah orang yang berani mengajar dan tidak berhenti belajar


John Cotton Dana, pustakawan Amerika Serikat pernah mengatakan bahwa:  "Who dares to teach must never cease to learn"Siapa berani mengajar, harus siap tak berhenti belajar. Ungkapan dari John Cotton, menyisipkan pentingnya bagi seorang guru untuk terus belajar. 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menuntut setiap manusia dalam bidang dan profesi apapun untuk mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut. Tak terkecuali profesi guru yang dikenal pekerjaan profesional. 

Oleh karena itu, guru harus senantiasa mengembangkan dirinya disetiap saat dan dimanapun. Sehingga ketika seseorang memilih menjadi seorang guru maka dia akan terus belajar sehingga kompetensinya terus semakin meningkat selama dia menjalankan tugasnya di bidang pendidikan. Konsep inilah yang dikenal dengan guru pembelajar.

Guru Pembelajar
Apa itu guru pembelajar? Pengertian guru pembelajar berdasarkan Dunne (2002) adalah guru yang mampu belajar dari cara ia bekerja (mempelajari kekurangannya), mampu memilih cara belajar yang sesuai dengan karakteristiknya dan mampu belajar dengan sesama guru di lingkungannnya.

Kemendikbud (2016) mengemukakan ada 3 (tiga) alasan mengapa seorang guru harus terus belajar selama dia berprofesi sebagai guru yaitu:
  1. Profesi guru merupakan pekerjaan profesional yang dilaksnakan berdasarkan prinsip profesionalitas memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat (long life learner).
  2. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut guru harus belajar beradaptasi dengan hal-hal baru yang berlaku saat ini.
  3. Karakter peserta didik yang senantiasa berbeda dari generasi ke generasi menjadi tantangan tersendiri bagi guru.

Mengacu pada alasan tersebut, tidak ada pilihan lain bagi seorang guru harus memiliki kesadaran dan memotivasi diri serta mendedikasikan dirinya untuk selalu meng-upgrade kompetensi dan profesionalitasnya serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Penguasaan IT
Kemampuan menggunakan informasi dan teknologi (IT) merupakan suatu kompetensi wajib yang harus dimiliki guru pada masa kekinian. Sehingga dapat dikatakan guru pembelajar harus melek IT. 

Ilmu pengetahuan yang semakin berkembang dan bermunculannya informasi-informasi baru yang bergitu cepat hanya bisa diakses melalui IT. 

Penguasaan IT, mutlaklah untuk guru di masa pandemi Covid-19 dan sangat berguna bagi guru dalam menjalankan tugas-tugas kesehariannya.

Inovasi Pembelajaran
Selain penguasaan IT, seorang guru pembelajar harus mampu berinovasi dalam pembelajaran, mampu mengembangkan metode, strategi, model dan media yang sesuai dengan karakteristik pada generasi saat ini. 

Guru pembelajar harus mampu memberikan bekal kepada siswa agar menjadi siswa pembelajar. Guru harus paham bahwa dua dasarwasa sampai tiga dasawarsa mendatang mungkin ada perubahan global baik dari sisi IT, ilmu pengetahuan dan hal-hal lain yang akan dihadapi oleh peserta didik kita saat ini. 

Maka memotivasi dan mengarahkan peserta didik menjadi siswa pembelajar harus ditanamkan sejak dini. 

Tidak ada kata berhenti belajar bagi seorang guru. Guru wajib terus berguru alias belajar lagi. Jangan karena sudah menyandang predikat guru, atau merasa sudah menjadi guru profesional karena mengantongi sertfikat profesi, lalu berhenti belajar. Ini pandangan keliru. Guru memang harus terus berguru. 


EmoticonEmoticon