Monday, March 15, 2021

CARA CEK INFO GTK PERIODE JANUARI - JUNI 2021

Tags

Dear guru, saat ini laman INFO GTK v.2021.10 sudah menampilkan status validasi tunjangan profesi. Meskipun demikian data terkait data guru yang ditampilkan belum final dan menunggu validasi admin SIMTUN Direktorat Jenderal GTK.


INFO GTK via dapodik.co.id


Jika data guru sudah difinalisasi oleh admin SIMTUN Direktorat Jenderal GTK maka Info GTK yang ditampilkan akan menentukan pencairan tunjangan profesi guru (TPG) periode Januari - Juni 2021.


Bagi guru yang status validasi tunjangan profesinya, Status Tunjangan Validasi Profesi: VALID (Perlu verifikasi Dinas) akan menunggu validasi admin SIMTUN Dinas. Sesudah itu, guru tinggal menunggu penyaluran  dana tunjangan profesi guru ke rekening bank masing-masing.


Ibu dan Bapak Guru, sekedar pemberitahuan bahwa cara Login INFO GTK v.2021.10 agak berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya untuk akses masuk Info GTK cukup menggunakan NUPTK dan atau SIMPKB. Untuk Login INFO GTK v.2021.10 periode Januari - Juni 2021, Ibu dan Bapak guru harus menggunakan akun PTK yang sudah diverifikasi. Ada dua pilihan Login INFO GTK v.2021.10 yaitu: Login langsung ke GTK dan Login menggunakan SSO


Single Sign-on (SSO) merupakan istilah masuk dari sebuah pintu yang digunakan oleh operator sekolah atau pendidik untuk mengakses layanan website Kemdikbud, misalnya layanan Program Indonesia Pintar, Bantuan Operasional Sekolah Online, Info GTK, verval, dan sebagainya.


Lantas bagaimana, cara Login Info GTK 2021 dengan menggunakan akun PTK yang sudah diverifikasi? Pertama-tama Ibu dan Bapak guru harus masuk ke laman INFO GTK v.2021.10 melalui https://info.gtk.kemdikbud.go.id/  selanjutnya pilih Login langsung ke GTK.


Kemudian masukkan email akun PTK berikut kata sandinya yang sudah diverifikasi (terdaftar di Data Pokok Pendidikan atau Dapodik), lalu klik tombol Login. Jika email akun PTK berikut kata sandinya benar, Ibu dan Bapak guru bisa melihat lembaran Info GTK.

 

Jangan lupa untuk mengecek tanggal dan waktu update terakhir data (harus sesuai dengan waktu sinkronisasi Dapodik), gaji pokok, status validasi, jumlah jam mengajar dan tugas tambahan (disesuaikan dengan Dapodik dan linier).


Jika Ibu dan Bapak guru ingin mencetak Lembar Info GTK sila klik tombol Cetak PDF/Printer yang berada di sebelah kanan atas data GTK.


Demikian postingan tentang Info GTK Periode Januari - Juni 2021. Terima kasih sudah mengunjungi situs Guruberto.com. Silahkan berkunjung kembali untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai Info GTK. Semoga membantu Ibu dan Bapak guru.    



EmoticonEmoticon