Thursday, January 17, 2019

Migrasi Hewan dan Biomagnetik

Tags

Hewan-hewan berikut yang memanfaatkan kemagnetan bumi untuk melakukan navigasi adalah ....
a. lobster duri
b. siput
c. gurame
d. lele

Pembahasan
Berkurangnya pasokan makanan atau perubahan musim mengakibatkan beberapa hewan bermigrasi ke tempat yang menyediakan banyak makanan. Migrasi hewan ini hampir terjadi setiap tahun dan melewati jalur migrasi yang hampir sama. Bagaimana hewan-hewan ini dapat melewati rute yang sama dan tidak kesasar?
Ternyata hewan-hewan ini menggunakan magnet pada tubuhnya untuk mendeteksi medan magnet bumi. Heewan-hewan ini mampu menentukan arah migrasi, mempermudah mencari mangsa, bahkan menghindari musuh. Fenomena ini dikenal dengan Biomagnetik.

Migrasi lobster berduri

Beberapa hewan yang memanfaatkan kemagnetan bumi untuk melakukan navigasi pada saat bermigrasi antara lain: Pertama, Ikan Salmon. Ikan salmon menggunakan medan magnet sebagai pemandu arah di lautan saat kembali ke perairan air tawar (sungai) untuk berkembang biak. Kedua, Penyu. Migrasi penyu, perjalanan yang sangat jauh juga memanfaatkan medan magnet. Perjalanan migrasi penyu dilakukan sendirian. Ketiga, Lobster duri. Lobster duri mampu merasakan medan magnet bumi untuk memandu migrasi yang dilakukan dari lepas pantai Florida menuju lautan lepas yang lebih hangat dan tenang di setiap akhir musim gugur. Keempat, Burung. Beberapa jenis burung sperti burung elang dan burung layang-layang, melakukan migrasi dengan memanfaatkan partikel magnetik yang ada pada tubuhnya untuk menciptakan peta navigasi dengan memanfaatkan medan magnet bumi.    

Jawab : a. lobster duri.


EmoticonEmoticon