Sunday, September 30, 2018

Pembahasan Soal UN IPA SMP/MTS 2018 Materi Adaptasi

Soal UN IPA SMP/ MTS No. 27
Ikan air tawar melakukan adaptasi dengan cara minum sedikit air dan mengeluarkan banyak urin yang encer, sedangkan ikan air laut melakukan adaptasi dengan cara minum banyak air dan mengeluarkan sedikit urin yang pekat. Cara hidup yang dilakukan ikan tersebut bertujuan untuk ....
A. mempertahankan kondisi tubuh
B. mempertahankan bentuk tubuh
C. menjaga sistem ekskresi
D. mempertahankan hidup

Pembahasan
Adaptasi dilakukan agar mahluk hidup dapat bertahan hidup. Adaptasi yaitu kemampuan mahluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Ikan melakukan adaptasi dengan mengatur tekanan osmosis (osmoregulasi). Osmoregulasi adalah proses untuk menjaga keseimbangan konsentrasi antara air dan elektrolit yang ada dalam tubuh agar sesuai dengan lingkungannya.  Ikan air laut yang hidup dengan kadar garam tinggi rentan mengalami dehidrasi karena cairan dalam tubuh akan berosmosis keluar tubuh. Ikan air tawar sel-sel tubuhnya rentan membengkak karena air di luar tubuh ikan akan mengalami osmosis masuk ke dalam tubuh. Apabila ikan tidak mampu mengontrol proses osmosis yang terjadi, ikan akan mati, karena ketidakseimbangan konsentrasi larutan tubuh yang berada di luar batas toleransinya (D).


Pada musim kemarau, pohon jati menggugurkan daunnya, tanaman jagung menggulung daunnya, dan tanaman yang termasuk kelompok jahe-jahean sengaja mengeringkan atau mematikan daunnya. Tingkah laku yang dilakukan oleh tumbuh-tumbuhan tersebut bertujuan untuk ....
A. mempertahankan diri dari hewan pemangsa
B. memperlambat proses fotosintesis
C. mengurangi proses penguapan
D. mengganti dengan daun yang baru

Pembahasan
Pohon jati menggugurkan daunnya, tanaman jagung menggulung daunnya, dan tanaman yang termasuk kelompok jahe-jahean sengaja mengeringkan atau mematikan daunnya untuk mengurangi penguapan guna menghemat air pada saat musim kemarau sehingga tumbuhan tidak mengalami kekeringan (C).






EmoticonEmoticon