Tuesday, September 25, 2018

Pembahasan Soal UN IPA SMP/MTS 2018 Materi Sistem Reproduksi Pada Manusia

Soal UN IPA SMP/MTS No. 40
Perhatikan grafik siklus menstruasi di bawah ini!

Dari grafik di atas, disimpulkan bahwa kadar estrogen dan LH menurun pada fase ....
A. menstruasi
B. praovulasi
C. ovulasi
D. fertilisasi

Pembahasan
Menstruasi atau haid adalah pendarahan secara periodik dan siklik dari uterus, disertai pelepasan (deskuamasi) endometrium. Siklus haid normal dapat dipahami dengan baik dengan membaginya atas dua fase dan 1 saat, yaitu fase folikuler, saat ovulasi, dan fase luteal

Fase Folikuler. Tidak lama setelah haid mulai, pada fase folikuler dini, beberapa folikel berkembang oleh pengaruh FSH yang meningkat. Meningkatnya FSH ini disebabkan oleh regresi korpus luteum, sehingga hormon steroid berkurang. Dengan berkembangnya folikel, produksi estrogen meningkat, dan ini menekan hormon produksi FSH; folikel yang akan berovulasi melindungi dirinya terhadap atresia, sedangkan folikel-folikel lain mengalami atresia. Pada waktu ini LH juga meningkat, namun peranannya pada tingkat ini hanya membantu pembuatan estrogen dalam folikel. Perkembangan folikel yang cepat pada fase folikel akhir ketika FSH menurun, menunjukkan bahwa folikel yang telah masak itu bertambah peka terhadap FSH. Perkembangan folikel berakhir setelah kadar estrogen dalam plasma jelas meninggi. 
Fase luteal. Estrogen pada mulanya meninggi secara berangsur-angsur, kemudian dengan cepat mencapai puncaknya. Ini meberikan umpan balik positif terhadap pusat siklik, dan dengan lonjakan LH (LH-surge) pada pertengahan siklus, mengakibatkan terjadinya ovulasi. LH yang meninggi itu menetap kira-kira 24 jam dan menurun pada fase luteal. Mekanisme turunnya LH tersebut belum jelas. Dalam beberapa jam setelah LH meningkat, estrogen menurun dan mungkin inilah yang menyebabkan LH itu menurun. Menurunnya estrogen mungkin disebabkan oleh perubahan morfologik pada folikel. Mungkin pula menurunnya LH itu disebabkan oleh umpan balik negatif yang pendek dari LH terhadap hipotalamus.

Kadar estrogen dan LH menurun pada fase luteal. Fase luteal dari fase ovulasi hingga menstruasi dengan jangka waktu rata-rata 14 hari (C).


Perhatikan grafik siklus menstruasi di bawah ini!

Fase ovulasi terjadi jika ....
A. kadar estrogen dan LH meningkat
B. peningkatan kadar estrogen yang dihasilkan oleh folikel de graf
C. tingginya kadar LH dari kelenjar pituitari
D. kadar progesteron dan estrogen menurun

Pembahasan
Tingginya kadar LH atau lonjakan LH (LH-surge) dari kelenjar pituitari akan memicu pengeluaran sel telur dari folikel yang telah matang, proses ini disebut ovulasi (C).     



3 comments


EmoticonEmoticon